WebHosting GRATIS dan Berbayar

Layanan web hosting memungkinkan pemilik website untuk menempatkan file – file web mereka pada sebuah web server sehingga dapat diakses oleh public via internet. Saat ini cukup banyak perusahaan penyedia Jasa Hosting baik di Indonesia maupun luar negeri. Yang sering mencuri perhatian adalah perusahaan yang menawarkan layanan hosting GRATIS. Pada hosting gratis, user mendapatkan hak yang relatif sama yakni mendapatkan sejumlah space untuk mengupload website dan bahkan membuat database dan semuanya GRATIS. Berikut ada list penyedia jasa Hosting GRATIS.

Keuntungan utama menggunakan hosting gratis tentu saja adalah karena GRATIS dan hal tersebut sangat sesuai dengan user pada tahapan pemula dan belajar untuk mengenal lebih jauh mengenai internet dan pembuatan website. Keuntungan yang lainnya adalah sebagian besar penyedia layanan hosting gratis menyediakan tools – tools yang memudahkan user untuk mengupload website atau bahkan membuat website tersebut dengan online wizard. Mereka sadar betul bahwa market mereka adalah pengguna internet pemula.

Selain memiliki keuntungan, tentu saja layanan hosting GRATIS juga memiliki beberapa kekurangan. Beberapa perusahaan menampilkan banner / iklan pada website pelanggan dimana iklan tersebut belum tentu sesuai dengan isi website. Berikut beberapa kekurangan yang lain dari penggunaan hosting GRATIS :

  • Tidak memiliki jaminan sampai kapan layanan hosting gratis tersebut akan tetap online.
  • Rawan kehilangan data karena tidak memberikan fasilitas backup
  • Kadang-kadang tidak ada team support
  • Disk space/bandwidth Terbatas

Uraian diatas mungkin tidak terjadi pada semua hosting GRATIS, namun sebagian besar dari mereka memiliki kekurangan seperti di atas.

Di sisi lain, ada layanan hosting yang berbayar, user harus membayar biaya berlangganan yang bervariasi tergantung pada kapasitas simpan, batasan traffic, dan faktor lainnya. Satu hal yang pasti, biaya yang dibayarkan oleh pelanggan webhosting tentunya digunakan untuk membiayai penyediaan layanan tersebut. Sedangkan pada layanan hosting gratis, biaya pengadaan layanannya didapatkan dari banner atau iklan yang dipasang pada halaman web pelanggan, meskipun tidak semua layanan hosting gratis melakukan hal tersebut.

Pada umumnya, hosting berbayar memiliki lebih banyak fitur dan loading speed-nya lebih cepat dibandingkan hosting gratisan. Mereka memiliki/menyediakan, backup data, jaminan up-time, Support selama 24jam/7hari untuk melayani customer mereka. Sehingga website anda lebih terjamin keberadaannya.

Para blogger yang sudah berpengalaman pasti setuju bahwa hosting yang dikelola professional turut membantu dalam kegiatan blogging, baik untuk kenyamaan saat melakukan update blog maupun untuk memudahkan pengunjung saat berkunjung tanpa harus menghadapi server down. Atau mati karena blog yang bersangkutan terlalu banyak traffic yang berdatangan.

Oleh karena itu, anda yang ingin mengelola website profesional dan benar-benar dioprasikan secara serius semisal untuk keperluan Online Shop, website perusahaan dan sebagainya gunakanlah Jasa Hosting yang berbayar. Dengan menyewa jasa hosting berbayar Anda tidak perlu khawatir akan menghadapi masalah yang sudah disebutkan pada sisi negatif hosting GRATIS, karena data-data website Anda akan dijaga oleh pihak hosting. Namun, anda harus cermat untuk memilih hosting karena tidak semua hosting berbayar itu dikelola dengan professional atau lebih dikenal hosting abal-abal, pastikan provider hosting yang Anda pilih itu PROFESIONAL.

Ada banyak penyedia Jasa WebHosting di Indonesia. Salah satu yang saya kenal dan dikelola secara Profesional adalah StyleHosting. Mereka mengoprasikan server sendiri dan bukan merupakan reseller dari pihak lain. Dengan memiliki Tim Support yang SOLID dan STANDBY selama 24jam/7hari memungkinkan customer mereka untuk meminta bantuan setiap saat. Harganya-pun juga MURAH, dengan Rp 45.000 kita uda dapat 1000MB space/bln, kalau langsung pesan 1 th, DAPAT GRATIS DOMAIN TLD selama hosting di StyleHosting seharga Rp 80.000. Untuk mengetahui info lebih lanjut tentang StyleHosting, follow titter @stylehostingid dan like FBn-ya : http://www.facebook.com/stylehosting . Untuk kebutuhan spesifikasi yang lebih tinggi, misal VPS atau Dedicated Server, anda bisa mendapatkan info di wowrack.co.id. Dan follow twitternya @wowrackid serta like fun page FB di http://www.facebook.com/WowrackIndonesia

Blog Wowrack Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack