Sudahkah anda membutuhkan VPS ?

Virtual Private Server

Sebelum kita memilih jasa layanan web hosting yang tepat (maksudnya antara SharedHosting & VPS), mari kita cek dan re-cek, siapa sih sebenarnya yang memerlukan VPS ??? Berikut pemaparan dari kami kira-kira siapa saja yang membutuhkan VPS.

Seseorang yang mengembangkan Aplikasi tertentu.
Aplikasi tertentu yang dimaksud disini adalah sebuah aplikasi yang memerlukan modul tersendiri yang harus diinstall dan biasanya tidak diijinkan oleh provider web hosting untuk diinstall di server Shared Hosting mereka, dengan alasan tertentu. Misal Aplikasi VOIP, Game Server, Map Server, dll.

Web Developer
Bagi web developer yang mempunyai cukup budget, tentunya lebih cocok menggunakan VPS dari pada web hosting. Mereka dapat bereksperimen sesuai kebutuhan aplikasi yang dikembangkan. Mereka juga bebas membuat account-account hosting untuk kebutuhan customer mereka.

Pemilik Website dengan trafict tinggi
Bagi pemilik website dengan trafict sangat tinggi, tentunya SharedHosting baginya sudah tidak akan memenuhi kebutuhan. Karena sebagaimana yang kita ketahui, penggunaan Shared Hosting itu pemakaian bersama. Semua resource dibagi-bagi antar pengguna. Jadi bila ada salah satu pengguna yang overload,akan mengganggu pengguna yang lain. Oleh karena itu, penggunaan VPS bisa dipertimbangkan.

Corporate atau Pemerintahan
VPS menawarkan jaminan keamanan yang lebih baik jika dibandingkan Shared Hosting. Dengan menggunakan VPS, data-data perusahaan akan ditempatkan pada tempat tersendiri dan terpisah dari pengguna lain. Hal ini tentunya cocok bagi corporate atau pemerintahan yang biasanya kebutuhan utamanya adalah Mail Hosting, Database Hosting, dan Sistem Informasi. Data mereka memungkinkan untuk mendapatkan privacy dan keamanan yang lebih baik.

Audio Video Sreaming
Bagi penyedia Audio Video Streaming, mungkin menggunakan VPS bisa diperhitungkan. Untuk Shared Hosting, tentunya akan sangat berat atau bahkan kecil kemungkinannya untuk menjalankan aplikasi ini. Jika memiliki budget besar, memilih Dedicated Server tentu akan lebih baik. Tapi untuk pemilik budget pas-pasan, VPS bisa menjadi pilihan tepat karena VPS juga dapat diupgrade dari sisi RAM Storage sesuai kebutuhan.

Mungkin itu dulu uraian dari kami, ada kurang lebihnya bisa didiskusikan lebih lanjut 🙂 karena belajar dan berbagi adalah tujuan utama kami. Mari kita ikut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa 😀 he he he

Blog Wowrack Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack