Mengarahkan Name Server Domain ke Server Hosting

Hallo sahabat WowIndo 🙂 lama juga rasanya blog ini tidak pernah ada update. Pada kesempatan kali ini, kita akan share tentang urusan teknikal yang ringan namun sangat penting untuk diketahui, terutama bagi sahabat yang baru mengenal/baru mengaktifkan domain & hosting.

Mungkin ada sedikit pertanyaan bagi readers…Apa pentingnya mengarahkan Name server Domain ke Server Hosting?

Begini sobat…ketika kita mengetikkan nama domain pada browser untuk mengakses sebuah content website, maka domain tersebut akan mencari content pada server yang telah dituju sesuai informasi name server yang telah di-set pada domain. sehingga, bila content website sobat di-upload ke server B dan ternyata Name Server Domain masih mengarah pada Server A, jadi berabe dan gak nemu-nemu content yang dimaksud kan? Wal hasil, website yang kita akses ndak nongol. wehehhe…. 😀 Makanya sedikit-sedikit kita musti paham-lah, gimana cara mengarahkan Name Server atau yang biasa disebut sebagai NS ini ke server Domain yang sesuai.

Wookey, langsung saja dimulai step by step agar domain mengarah pada server hosting yang sesuai. OK, sebelumnya perlu diketahui, catatan ini cocok untuk sobat yang memiliki domain pada StyleHosting.Com karena tulisan ini dibuat dari hasil praktek menggunakan domain manager milik StyleHosting.Com he he he 😀

  • Login pada Domain manager >> http://mydomain.stylehosting.com/

  • Pada bagian atas pilih tab Manage Orders > List/Search Orders (seperti gambar di atas).

  • Pilih dan klik pada nama domain yang akan diset Name Server-nya (seperti contoh gambar di atas).

  • Pilih Name Servers. (seperti gambar di atas).

  • Selanjutnya isikan name server yang sesuai dan klik tombol Update Name Servers jika dianggap sudah sesuai dan selesai. (seperti gambar di atas).

Dengan demikian, Name Server (NS) domain akan mengarah pada server hosting sesuai yang diisikan. Namun, kita musti menunggu resolve max 2 x 24JAM agar domain dapat diakses dan mengarah pada server yang sesuai. Masa resolve ini tergantung isp masing-masing yang customer gunakan. Dan untuk informasi Name Server dapat diperoleh dari provider webhosting tempat menyewa hostingnya.

Kira-kira demikian-lah sobat sharing kita kali ini, silahkan mencoba. Karena dengan mencoba maka kita akan lebih ingat apalagi kalau kita juga share ke temen-temen yang belum paham akan hal ini. 🙂

Blog Wowrack Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack