VPS Hosting – 3 Hal Yang Perlu Anda Tahu

VPS Hosting – 3 Hal Yang Perlu Anda Tahu

Apa yang dimaksud dengan VPS Hosting ? Apa keuntungan memilih VPS Hosting? – Mungkin adalah beberapa pertanyaan yang ingin Anda ketahui jika Anda akan memillih paket hosting yang tepat untuk bisnis online pribadi Anda. Dalam artikel ini Anda akan disuguhkan 3 poin penting mengenai VPS Hosting, hal ini akan membantu Anda untuk memutuskan apakah VPS Hosting merupakan pilihan yang tepat untuk Anda.

 

Pengertian VPS Hosting

Virtual Private Server Hosting atau VPS Hosting adalah istilah umum yang digunakan penyedia layanan hosting untuk menyebut Virtual Machine. Istilah ini ditekankan untuk memberi pengertian bahwa ini adalah layanan hosting yang berdiri sendiri dan terpisah satu sama lain walau masih berada dalam satu computer fisik yang sama.

 

Cara Kerja VPS Hosting

Di awal keberadaan internet hanya ada satu cara untuk menjalankan bisnis online Anda yaitu dengan menyewa server terpadu atau disebut dengan Dedicated Server, biaya untuk menggunakan Dedicated Server sangatlah mahal dan biasanya server tersebut tidak terpakai seluruhnya sehingga lahirlah yang disebut Shared Hosting. Dimana pemilik Dedicated Server dapat menyewakan sebagian hostingan-nya bagi para pengguna lain.

Namun shared hosting memiliki sedikit kelemahan dimana kinerja antar satu web hosting dapat mempengaruhi kinerja web hosting lainnya. Contohnya jika satu website (yang menggunakan Shared Hosting) dikunjungi oleh terlalu banyak pengguna internet hingga mengakibatkan server down maka hal ini pun akan dirasakan oleh pengguna web hosting lainnya yang berbagi hostingan dengan server yang sama.

Di sinilah VPS Hosting menjadi pilihan alternatif untuk Anda yang ingin menggunakan pake hosting yang lebih stabil dan lebih dapat diandalkan disbanding Shared Hosting. Dengan menggunakan software yang disebut hypervisor, Dedicated Server dibagi-bagi menjadi beberapa Virtual Machine (VMs) yang lebih kecil – inilah yang disebut VPS Hosting. Masing-masing virtual machine ini berdiri sendiri dan tidak saling mempengaruhi satu sama lain sehingga tentunya website Anda dapat berjalan dengan lebih konsisten.

 

Keuntungan Menggunakan VPS Hosting

Dengan semakin populernya VPS Hosting, dan semakin banyaknya pebisnis yang memilih meluncurkan website mereka dengan layanan berbasis virtualisasi, berikut adalah keuntungan-keuntungan utama yang didapatkan ketika Anda memilih VPS Hosting.

Lebih Stabil

Seperti yang telah disebutkan sedikit di atas, karakteristik VPS Hosting yang berdiri sendiri dan tidak terpengaruh dengan kinerja pengguna hosting lainnya membuat Anda yakin bahwa website yang Anda jalankan tidak akan mengalami lambatnya akses yang terjadi tiba-tiba tanpa Anda tahu penyebabnya.

Lebih Terjangkau

VPS Hosting tentu saja lebih terjangkau karena biayanya tidak sebesar biaya yang harus Anda keluarkan jika Anda menyewa Dedicated Server. Hal ini tentu saja dapat membuat pengeluaran Anda menjadi lebih hemat tanpa harus mengorbankan tingkat kestabilan yang tinggi bagi website Anda.

Lebih Aman

Data pada VPS Hosting tersimpan lebih aman karena Anda memiliki partisi pribadi, tidak seperti Shared Hosting yang hanya memberikan batas yang tipis antara data-data Anda dan data-data pengguna hosting lainnya.

Lebih Bebas dan Terkontrol

Dengan VPS Hosting Anda bebas menentukan sistem operasi apa yang akan Anda pakai di dalamnya, Anda bebas melakukan restart ulang atau apapun yang sesuai dengan kenyamanan Anda.

 

Itulah hal-hal yang perlu Anda ketahui mengenai VPS Hosting, tentu saja pemilihan VPS Hosting sebaiknya disesuaikan juga dengan tingkat kebutuhan Anda. Jika Anda tidak memerlukan semua kelebihan dari sebuah VPS Hosting Anda dapat selalu memilih Shared Hosting atau Anda juga dapat memilih Dedicated Server jika Anda membutuhkan semua kelebihan dari VPS Hosting dalam skala yang jauh lebih besar.

Blog Wowrack Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack