Tuesday, July 22, 2014

Tips Mendesain Halaman Website Yang Baik


Website saat ini sudah di ibaratkan sebuah buku catatan yang sangat dibutuhkan oleh seluruh pengguna internet. Dimanapun dia berada, pasti hal pertama yang dilakukan adalah membuka website. Website bukan hanya sebagai buku catatan, tapi juga menjadi salah satu tempat mengumpulkan informasi yang di butuhkan oleh para penggunanya.

Sama seperti buku catatan, Website jug aharus memiliki tampilan yang sedap dipandang mata. Karena, semakin jelek tampilan Website, maka semakin malas orang akan berkunjung.

Bagaimana cara agar website nyaman bagi pengunjung? Berikut adalah tips-tips untuk mendesain website:

1.    Buatlah Logo Yang Profesional

Banyak blog yang tidak mempertimbangkan hal ini, padahal, logo juga menjadi cerminan bahwa website yang dilihat oleh pengunjung adalah website yang benar-benar dirawat dengan baik. Sehingga, tidak menutup kemungkinan mereka akan kembali mengunjungi website Anda.

2.    Penggunaan 20:80 atau 20:60:20 Pada Tampilan

Apakah maksud dari 20:80 dan 20:60:20 ? maksudnya adalah pembagian halaman pada website Anda, Anda bisa membagi menjadi 2 kolom yaitu Kanan dan Kiri. Jika di Kanan 80% maka pada kolom kiri 20%, atau Anda membuat tiga kolom yaitu kanan 20%, 60% bagian body konten dan 20% pada kolom kiri

3.    Meminimalisir Warna Yang Terlalu Tajam Dan Mengurangi Jumlah Warna

Warna adalah faktur penentu, apakah nyaman bagi pengunjung melihat website Anda atau malah sebaliknya. Untuk itu berilah kesan warna yang friendly terhadap mata pengunjung. Agar saat dia membaca/melihat isi website Anda tetap nyaman. Dan, hindari menggunakan banyak warna, karena itu membuat website Anda terlalu rame dan akan terlihat tidak nyaman di mata. Untuk itu, banyak yang menyarankan penggunaan warna maksimal 3-4 warna saja.

4.    Sisipkan Icon-icon unik

Icon, adalah hiasan yang bisa mempercantik website Anda. Di era HTML 5 seperti sekarang ini, penggunaan icon sudah semakin banyak. Namun, Anda juga harus mempertimbangkan cocok dan tidaknya icon yang dipilih dengan design website Anda.

5.    Kurangi Jumlah Navigasi Halaman Yang Tidak Dibutuhkan

Terlalu banyak link navigasi itu tidak baik untuk website Anda. Karena semakin banyak Link, semakin berat website Anda, Untuk itu, navigasi dan halaman yang tidak penting lebih baik di hilangkan.

Author:

0 komentar: