Bitcoin Sebagai Mata Uang Digital

Apa kabar WowFriends semua? Semoga awal pekan kalian luar biasa. Pada kesempatan kali ini kami ingin sedikit membagikan mengenai sebuah topik yang sedang marak di dunia digital, yaitu Bitcoin. Bitcoin sebenarnya bukan konsep baru di 2014 karena keberadaannya sendiri pun sudah ada sejak tahun 2009. Pencipta dari Bitcoin ini dikenal dengan nama Satoshi Nakamoto, dan kenapa saya katakan ‘dikenal’, karena sebenarnya sampai sekarang tidak ada yang tahu apakah seseorang bernama Satoshi Nakamoto itu sendiri sebenarnya hanyalah tokoh fiktif dunia maya atau pencipta Bitcoin yang sebenarnya, menarik bukan?

Konsep dari Bitcoin sendiri juga boleh dibilang menarik, dengan menggabungkan privasi dan sebuah ekosistem mata uang yang tidak terpengaruh oleh batasan pemerintah, negara, ataupun pajak, Bitcoin dengan cepat menyerap perhatian banyak orang di seluruh dunia. Satu hal yang membuat Bitcoin menjadi sangat menarik selain ketidak hadiran dari campur tangan regulasi pemerintah, yaitu tingkat privasi yang sangat tinggi dikarenakan para pengguna Bitcoin tidak harus memberikan nama asli nya kepada lawan transaksinya, cukup dengan memberikan ID Bitcoin Wallet sebagai proses otorisasi pembayaran. Yak, saya dapat melihat beberapa dari teman-teman yang membaca blog ini sedang tersenyum lebar. Namun bukan berarti sistem privasi itu tidak menjadi bumerang bagi Bitcoin, karena pada awal mulanya, Bitcoin sebenarnya banyak digunakan oleh kebanyakan orang untuk melakukan transaksi ilegal ataupun transaksi obat-obat terlarang.

Lalu, bagaimana sebenarnya Bitcoin ini bisa menggantikan mata uang yang ada di dunia ini? Bitcoin memiliki cara yang menarik untuk mendapatkannya, yaitu dengan melakukan ‘mining’ atau ‘menambang’ bitcoin ini di dalam dunia internet. Para penambang menggunakan komputer mereka untuk menyelesaikan sebuah teka-teki matematika yang sangat sulit dan kompleks, dan apabila teka-teki nya terselesaikan, maka sang penambang akan mendapatkan Bitcoin, dan semakin banyak penambang, semakin kecil nilai dari Bitcoin yang di dapat apabila dikonversikan ke mata uang asli seperti USD, EUR, dll. Selain menambang, para ‘Bitcoin hunter’ juga dapat mendapatkan Bitcoin melalui Bitcoin Exchange atau pun transfer melalui aplikasi di smartphone mereka ataupun melalui komputer. Nilai tukar Bitcoin ini juga sebenarnya dipengaruhi dari besarnya jual-beli mata uang Bitcoin yang terjadi di pasaran, boleh dibilang ini mirip sekali dengan bagaimana saham bergerak.

Semua terdengar sangat menarik bukan? Tapi bukan berarti tanpa masalah. Banyak yang menanyakan mengenai seberapa amankah apabila uang kita di investasikan di dalam Bitcoin, dimana semua itu ada di dalam bentuk digital. Bagaimana apabila ada Hacker yang mencuri? Bagaimana apabila ada Hacker yang mampu mengubah sistem di dalam Bitcoin? Sebagai pengetahuan saja, pada tanggal 4 April 2013, Hacker berhasil mengganggu sistem transaksi Bitcoin yang sedang terjadi dan mengakibatkan fluktuasi nilai yang luar biasa dan mengganggu transaksi yang terjadi pada saat itu.

Nah penasaran kan mau tahu lebih lanjut tentang Bitcoin? Yuk ikuti terus blog kita karena kita akan kupas tuntas mengenai Bitcoin di bulan ini. Untuk mendapat gambaran lebih lanjutnya, video yang satu ini dapat menjadi pembelajaran yang baik bagi kita semua. Sampai jumpa di posting selanjutnya WowFriends!

Blog Wowrack Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack