Blog Wowrack

Bagaimana Firewall dan SSL Mengamankan Data?

Yosia     18 November 2014     Keamanan     0 Comments

Img: ebanking

Surabaya (Wowrack) - Halo Wowfriends seperti biasa setiap hari Selasa dan Kamis selalu ada pembahasan tentang topik bulanan. Dan apda kesempatan ini, Kami akan memberikan informasi menganai bagaimana cara Firewall Dan SSL dalam mengamankan data pada Cloud Anda.

Mungkin bagi Anda yang sering buka Facebook dan Twitter akan menemukan Address Bar Gembok Hijau. Itu adalah icon yang memberitahu kepada Anda bahwa website dan konten yang ada pada website tersebut aman untuk komputer dan data Anda.

Nah, berikut adalah sedikit informasi mengenai apa itu Firewall dan SSL serta bagaimana mereka mengamankan data yang ada pada Cloud Anda.

1.  Internet Firewall
Jaringan komputer yang terhubung ke internet membutuhkan firewall. Internet Firewall berfungsi untuk mencegah akses dari pihak luar suatu jaringan. Firewall bekerja dengan dua cara, yaitu dengan Filter dan Proxy.

Firewall Filter menyaring komunikasi agar terjadinya seperlunya saja. Hanya aplikasi tertentu saja yang bisa lewat dan hanya komputer dengan identitas tertentu saja yang bisa berhubungan.

Firewall Proxy mengizinkan pemakai dari dalam untuk mengakses internet seluas-luasnya, namun dari luar internet hanya dapat mengakses satu komputer tertentu saja.

2.  Kliptografi
Kliptografi adalah seni menyandikan data. Data yang akan dikirim disandikan terlebih dahulu sebelum dikirim melalui internet. Di komputer tujuan, data tersebut dikembalikan ke bentuk aslinya, sehingga dapat dibaca dan dimengerti oleh penerima.

Data yang disandikan dimaksudkan agar pihak-pihak yang menyadap pengriman data tidak dapat mengerti isi data yang dikirim tersebut karena masih berupa kata sandi. Dengan demikian, keamanan data dapat dijaga. Dalam proses Kliptografi ada dua proses yaitu Enkirpsi dan Deskripsi. Enkripsi adalah proses mengubah data menjadi data sandi, sedangkan Deskripsi adalah proses mengembalikan data sandi menjadi data aslinya.

Data yang asli atau yang akan disandikan disebut "plain teks" sedangkan data hasil penyandian disebut "ciper teks". Proses enkripsi terjadi pada komputer pengirim, sedangkan proses deskripsi terjadi pada komputer penerima.

3.  Secure Socket Layer (SSL)
Jalur pengiriman data lewat internet melalui banyak transisi dan dikuasai oleh banyak orang, sehingga data yang dikirim melalui internet rawan oleh penyadapan. Oleh karena itu browser perlu dilengkapi dengan Secure Socket Layer (SSL) yang berfungsi untuk menyandikan data. Dengan demikian, komputer-komputer yang berada di antara komputer pengirim dan penerima data tidak dapat lagi membaca isi data.

Blog Wowrack Indonesia

Tinggalkan komentar



Dapatkan Konsultasi Gratis Untuk Bisnis Anda
Logo Wowrack Horizontal breathing space-02
Surabaya (Kantor Pusat)
Jl. Genteng Kali No. 8, Kel. Genteng,
Surabaya, Jawa Timur 60275
Indonesia

Jakarta (Kantor Penjualan)
Menara BCA Lt. 50 Unit 4546,
Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310
Indonesia

© 2024 Wowrack dan afiliasinya. Hak cipta dilindungi undang-undang.