Bagaimana Sih Customer Service Yang Bagus Di Tahun 2015?

Img: genextechnology

Surabaya (Wowrack) – Customer Service (CS) adalah bagian penting dari sebuah perusahaan. Baik perusahaan besar maupun perusahaan kecil. Dalam praktiknya, CS adalah media penghubung antara pelanggan, calon pelanggan, mitra dengan perusahaan. Bagaimana kalau dalam suatu perusahaan tanpa adanya CS? Pasti perusahaan tersebut akan ditinggalkan oleh pelanggan karena sulitnya menghubungi perusahaan.

Kita tahu, untuk saat ini kebanyakan CS melalui layanan telpon langsung dengan alasan lebih cepat menanggapi customer. Tentu hal ini benar adanya, banyak dari perusahaan menerima telpon dari customer. Namun di era modern seperti saat ini, sebuah pesan pribadi atau pesan yang berhubungan pekerjaan tidak lagi dikirim melalui surat via pos. Meski masih banyak yang menerapkan sistem itu, tapi pesan sudah bisa dilakukan melalui online. Begitu juga dengan Customer Service dari sebuah perusahaan yang tidak lagi mengutamakan telpon sebagai alat komunikasi dengan customer ataupun dengan mitra.

Sejak 2010-an yang lalu, Customer Service mulai merambah dunia Social Media. Tak sedikit perusahaan yang berlomba-lomba untuk menggunakan akun social media. Dari Social Media inilah, sebuah perusahaan mendekatkan diri dengan pelanggannya dan juga tahu, seberapa besar loyalitas pelanggan Anda dengan produk-produk yang ditawarkan.

Dari Social Media pula tak sedikit yang bertanya-tanya mengenai keluhan, memberi pujian dan lain sebagainya yang tentunya mendorong popularitas dan layanan dari perusahaan. Untuk itu penggunaan internet dalam mengembangkan customer service yang baik sangatlah diperlukan.
Dengan membangun image yang positif untuk para pelanggan dengan CS melalui Socmed maka perusahaan Anda akan lebih berkembang dan lebih dikenal oleh lebih banyak orang. Karena, secara tidak langsung orang yang menghubungi perusahaan Anda melalui Socmed secara tidak langsung mereka membantu marketing prusahaan Anda.

Dan, pada tahun 2015 mendatang kemudahan dalam menghubungi CS sebuah perusahaan dari pelanggan adalah yang akan menjadi pemenang dalam sebuah bisnis. Dunia digital tidak bisa dipandang sebelah mata, karena sekarang Indonesia memiliki pangsa dunia internet yang besar pula.
Jadi, jika keluhan bisa diselesaikan lewat internet kenap tidak mencobanya?

Blog Wowrack Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack