Semua Tentang Domain Indonesia .ID

Img; Pandi

Surabaya (Wowrack) – Domain .ID mungkin sudah tidak asing lagi di telinga WowFriends. Domain yang di bawah naungan PANDI ini sempat menjadi perbincangan hangat ketika peluncuran apapun.ID. Yak, (Dot)ID menjadi TLD baru di Indonesia, dan ditujukan untuk Corporate ataupun Personal.

Keuntungan mungkin lebih banyak dirasakan oleh Corporate. Karena dengan menggunakan domain .ID sudah pasti diketahui bahwa itu adalah cabang perusahaan di Indonesia. Sebagai contoh, Saat ini adalah domain dari Wowrack.co.id , dengan domain ini saja pelanggan sudah tahu bahwa alamat tersebut adalah milik cabang Wowrack Indonesia. Apalagi jika nanti menggunakan domain Wowrack.ID.

Secara kegunaan domain.ID ini tidak jauh beda dengan domain .COM, .NET, .CO dan TLD lainnya. Namun, domain .ID lebih menjelaskan Negara kita. Dan secara kepercayaan, menggunakan domain .ID bisa lebih memberikan kepercayaan karena pendaftarannya menggunakan identitas.

Sebagai perusahaan saja, penggunaan domain .CO.ID harus dilengkapi dengan SIUP, akta pendirian perusahaan dan lain sebagainya. Hal serupa juga berlaku untuk domain dalam apapun.ID pendaftaran harus jelas dan melalui proses yang agak ribet daripada mendaftar domain .com. Akan tetapi, meskipun melalui proses yang bisa dibilang ribet, bertransaksi melalui website yang menggunakan domain .ID bisa lebih aman.

Namun ada pula kekurangan dari domain ini jika dibandingkan dengan domain .com. Berikut adalah beberapa kelemahannya:

1. Domain Apapun.ID masih Sulit Didapat
Jika Wowfriends ingin membuat nama domain apapaun.ID, untuk saat ini masih sangat sulit di dapat. Harganya juga cukup mahal. Bahkan domain dengan 3 karakter bisa mencapai puluhan juta rupiah. Dan untuk domain dengan 2 karakter misal AB.ID bsia mencapai ratusan juta rupiah.


2. Penggunaan Singkat
Domaian .ID cenderung lebih singkat daripada penggunaan domain.com yang bisa mencapai puluhan tahun. Meski harus membayar mahal, domain .ID bisa didapat dengan kontrak maksimal 2 tahun. Dan setelah sampai 2 tahun harus kembali perpanjang. Hal berbeda dengan domain .com, yang bisa mengontrak lebih dari 2 tahun.

Nah, itu beberapa kelemahan yang ada pada domain.ID. Namun, mekipun ada kelemahan tersebut, Pengguna domain.ID tetap akan memiliki kepercayaan lebih tinggi jika melakukan bisnis online. Karena, jika terjadi penipuan, pengelola website kemungkinan masih bisa membantu korban untuk mendapatkan haknya.

Berbeda dengan domain.com karena pendaftaran bisa melalui tanpa identitas diri atau perusahaan, maka tingkat kejahatan pada domain .com bisa dikatakan cukup besar. Apalagi di Indonesia. Banyak kasus penipuan online yang menelan banyak korban dengan transaksi hingga miliaran Rupiah. (Ulum/wwrk)

Blog Wowrack Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack