Friday, February 6, 2015

Apakah Anda Melewatkan Pondasi Marketing?


Surabaya (Wowrack) Banyak perusahaan yang mengatakan bahwa mereka sudah melakukan seluruh usaha untuk memasrkan produk mereka. Seperti halnya meningkatkan traffic Website, Social Media, Email Marketing dan sistem pemasaran online lainnya.


Namun, banyak dari mereka yang tidak berhasil menjalankan bisnisnya. Apa yang salah? Jika pemasaran semua sudah dilakukan namun penjualan belum meningkat pasti ada hal yang sudah mereka lewati.

Bahkan, sebenarnya bisa saja hal kecil yang mereka tinggalkan, namun adalah bagian penting atau pondasi dari pemasaran tersebut. Apa yang sudah dilewati oleh mereka? Mereka yang gagal, kebanyakan melupakan USP dari produk/jasa yang mereka tawarkan. Lantas, apa USP itu?

USP adalah Unique Selling Proposition atau dalam pengertian lengkapnya adalah “Hal yang membedakan produk atau jasa dari para pesaing lainnya. Dan menjadikan produk Anda lebih special”. Nah, silakan koreksi cara pemasaran Anda, apakah Anda sudah memiliki USP? Jika belum, maka kesempatan produk Anda lebih diperhatikan oleh calon pelanggan/pembeli.

Kadang para pebisnis “meniru” produk yang lagi booming akan tetapi tidak memberikan hal lain yang membedakan produk tersebut. Ketika mindset seorang customer sudah tertancap pada satu poduk innovator, maka mindset tersebut akan tetap pada produk pertama. Sebagai contoh, Produk A sudah ada sebelum orang lain membuat produk B yang sama persis. Ketika produk B menjual produk yang sama persis apakah ada hal unik dari produk A yang sudah dikenal? Tidak, saat satu kali pelanggan mencoba dari A dan B dengan produk yang sama, kemungkinan kembali tidak sampai 80%. Akan tetapi, pembali yang sebelumnya mencoba produk B, akan kembali ke produk pertama yang mereka gunakan yaitu produk A.

Oleh karena itu, sebaik apa pun usaha Anda dalam memasarkan suatu produk melalui Social Media, Forum Online, Website dan pemasaran online lainnya, kemungkinan berhasil akan sulit dicapai jika tidak memiliki USP.  (Ulum/wwrk)

Author:

0 komentar: