Marketing Offline Yang Menunjang Bisnis Online

Img: madrivo

Surabaya (Wowrack) – Dalam dunia marketing saat ini, banyak pelaku bisnis tidak melakukan marketing dengan seimbang. Oke, saat ini fokus dengan bisnis online, tapi mereka juga lupa bahwa marketing offline juga bisa menjadi penunjang kesuksesan dalam bisnis online.

Mari simak beberapa hal yang bisa kita aplikasikan agar bsnis online kita lebih matang dengan penerapan sistem marketing offline pada awalnya.

1. Jaringan Dan Kehidupan Sosial

Jaringan mungkin kalau dunia online lebih familiar dengan internet, namun dalam kehidupan tanpa internet, jaringan bisa dibangun dengan cara face-to-face. Oleh karena itu, gunakan kesempatan face-to-face ini untuk membangun social dalam bisnis online Anda.

2. Referral

Dunia online mungkin referral lebih banyak digunakan untuk backlink, namun hal ini juga bagian dari offline yang harus bisa Anda maksimalkan. Referral itu berasal dari pembicaraan langsung yang mengarah kepada bisnis Anda. Katakanlah pada teman, saudara atau orang yang ada di sekitar bahwa Adna memiliki bisnis online, jika kehidpan offline Anda baik, maka teman Anda akan merekomendasikan bisnis online Anda kepada teman mereka.

3. Cetak dan sebarkan

Hal ini adalah bagian dari penyebaran brosur dalam dunia offline, jika Anda ingin lebih banyak meraih pendapatan, maka jangan hanya fokuskan pada iklan online saja. Anda juga bisa mempromosikan layaknya menjual barang dari distributor langsung datang ke para pengecer. Sehingga, dengan adanya brosur bisnis online Anda di dunia offline, dengan jiwa penasaran manusia, maka mereka akan mencari tahu, apa sih sebenarnya yang ada di website dan juga koleksi-koleksi lengkap Anda di toko online Anda.

Masih ada banyak hal yang bisa ambil contohnya dari pemasaran via offline yang bisa Anda manfaatkan untuk menunjang bisnis online Anda. Untuk itu, lakukanlah sesuai dengan skill yang Anda miliki dalam dunia offline untuk menjadikan bisnis online Anda lebih menjanjikan dan menajdi salah satu bisnis yang berkembang pesat.

Jangan lupa, Anda juga harus memilih Server yang tepat ketika bisnis online Anda sudah mencapai titik maksimal kemampuan server. Semakin bagus kinerja website maka bisnis Anda akan tetap jadi pilihan. (Ulum/wwrk)

Blog Wowrack Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack