ARM-Based Server Penerus Cloud Server Berikutnya

img: servethehome

Surabaya (Wowrack) – Keuntungan dalam menggunakan Cloud Computing sudah sangat sering dibahas.  Mulai dari meningkatkan performa karyawan, efisiensi biaya, dan lain sebagainya.Saat sedang dikembangkan prosesor ARM (Advanced RISC Machine) untuk Cloud Server.  Teknologi ini disinyalir akan menjadi pelopor teknologi terbaru dalam dunia Cloud Server.

Ide dasar dari pengembangan Server dengan posesor ARM adalah saat ini kebanyakan Cloud Server menggunakan chip x86. Chip ini dianggap sebagai Chip yang terbaik untuk saat ini dan beberapa tahun sebelumnya. Bukan rahasia lagi, bahwa x86 ini menjadi andalan perusahaan-perusahaan untuk menjalankan Cloud secara terus menerus.

Perusahaan-perusahaan IT seperti Dell, HP, Lenovo, Microsoft juga sudah menunjukan minatnya terhadap prosesor ARM ini. Salah satu perusahaan penyedia cloud seperti Amazon juga sangat tertarik akan teknologi tersebut.

Hal ini menjelaskan bahwa perusahaan kecil, sedang dan besar telah menunggu Cloud yang berbasis ARM. Jika berbicara tentang keuntungan. Seperti yang dilansir oleh Talkingcloud bahwa teknologi ARM ini akan lebih menghemat daya listrik. Jika sudah berbicara listrik, komputer menjadi salah satu perangkat elektronik yang menghabiskan banyak daya, apabila daya sudah berkurang, maka keuntungan juga didapat karena pengeluaran biaya listrik juga sudah berkurang.

Proses ARM juga mungkin menjadi salah satu komponen yang diperlukan untuk pertumbuhan Internet of Thing yang akan segera dilakukan dalam beberapa tahun kedepan. Karena rencana menggunakan internet sebagai salah satu perantara yang dapat memudahkan kehidupan manusia. Semisal, untuk menjaga rumah, pintu juga di lock dengan tambahan Alarm yang tersambung dengan device dan lain sebagainya.

Dengan efisiensi energi yang lebih besar dan biaya yang lebih rendah, Sever berbasis ARM akan menjadi pemeran penting dalam komputsi awan. Hadirnya ARM juga tidak menjamin x86 akan lenyap, tapi server ARM-based akan menjadi pilihan alternatif ketika membutuhkan data yang sangat-sangat besar. (Ulum/wwrk)

Blog Wowrack Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack