Kiat-Kiat Menjaga Data Cloud Lebih Aman

Img: auston

Surabaya (Wowrack) – Hampir semua perusahaan dari berbagai Indsutri sudah menggunakan dan bahkan sedang mempertimbangkan menggunakan Cloud untuk mendukung bisnis yang dijalankan. Berdasarkan laporan yang dikutip dari SiliconAngle, ada lebih dari 60% bisnis yang sudah menggunakan Cloud Computing. Kenapa demikian?

Cloud menjadi sangat menarik, karena bisa di akses dari manapun yang sudah menjadi kebutuhan dalam teknologi. Semisal penyimpanan, daya komputasi, akses dan lain sebagainya. Selain itu, Cloud juga bermanfaat untuk divisi-divisi yang ada pada perusahaan. Semisal akuntansi ataupun administrasi lainnya.

Isu tentang keamanan, selalu menjadi pertanyaan bagi orang awam yang masih baru mendengar Cloud. Lantas, apakah benar Cloud itu sangat tidak aman? Padahal, ketakutan itu masih belum bisa dianggap nyata, karena keamanan yangmereka cari, sebenarnya beral dari dirinya sendiri yang turut menjaga agar datanya aman.

Lalu, apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mengamankan data pada cloud computing?

1. Pilih Provider Profesional dan terpercaya.
Jika Anda tidak memiliki server cloud sendiri, And abisa menyewa pad apenyedia Cloud yang ada didekat Anda. Ataupun, sekalipun jauh namun sudah memiliki reputasi yang baik dalam menjaga kerahasiaan data Anda dari serangan Cyber.

2. Menyimpan data Sensitif secara Offline
Jika Anda memiliki data penting ataupun data pribadi yang tdiak mau ada orang lain ketahui, maka penggunaan cloud tidak dianjurkan. Kenapa demikian? Segala macam data sensitif memang sudah seharusnya tidak disimpan di Internet. Akan tetapi lebih baik jika disimpan dengan baik di rumah.

3. Menerapkan langkah-langkah keamanan
Jika Anda menggunakan cloud dalam suatu perusahaan, maka gunakan cloud yang berbeda untuk karyawan dan untuk Anda sendiri. Dengan demikian, ketika kesalahan dilakukan oleh karyawanan, Anda masih bisa menyalamatkan data Anda.

4. Tinjau keamanan pad avendor/provider
And ajuga tidak boleng langsung percaya kepada provdier pilihan Anda. Selidiki apakah provider cloud Anda bisa memberikan keamanan yang nyata untuk data Anda, atau hanya iming-iming keamanan yang sebenarnya tidak bisa diberikan.

Nah, itulah beberapa tips untuk menjaaga data Anda lebih aman ketika And aberalih menggunakan cloud computing sebagai sarana storage data Anda. Semoga informasi ini bermanfaat. (ulum/wwrk)

Blog Wowrack Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack