Ancaman Malware dan Hacking Membuat Netizen Resah

Img: hotspotshield

Surabaya (Wowrack) – Ada berjuta-juta akun online di dunia ini yang sama-sama memiliki ancaman peretasan akun. Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh perusahaan Antivirus, netizen di dunia memiliki ketakutan yang sama yaitu peretasan akun online serta ancaman Malware yang bertebaran di Internet.

Peretasan akun online dan malware kebanyakan dilakukan untuk pencurian kata sandi agar pelaku dapat masuk akun yang tersimpan di internet baik berupa akun email ataupun akun-akun lainnya semisal akun sosial media.

Dari hasil penelitian pencurian sandi atau informasi pribadi yang disebabkan peretasan dan malware adalah ancaman nomor satu dan dua dunia. Jika di prosentasekan keduanya memiliki nilai 63%. Selanjutnya di ikuti oleh ancaman finansial dan diikuti ancaman phising surel maupun situs.

Lantas, bagaimana agar kita aman dari hal-hal yang bisa membuat data tercuri atau akun kena retas?
Berikut ada beberapa tips yang bisa WowFriends lakukan agar lepas dari kejahatan internet yang satu ini.

1. Tidak membuka tautan yang asing atau memperhatikan tautan yang akan dikunjungi.
Banyak alamat web yang memiliki nama hampir mirip, nah disinilah Anda harus benar-benar mengetahui bahwa yang Anda buka adalah web resmi bukan abal-abal. Sebagai contohnya semisal Anda ingin membuka alamat web dari Wowrack yaitu www.wowrack.com, pastikan ejaan sudah benar, karena bisa saja orang yang tidak bertanggung jawab membuat alamat web yang mirip semisal www.wourack.com.

2. Menggunakan Internet Antivirius
Penggunaan antivirus online adalah kebutuhan yang tak bisa dihindari, gunakanlah Internet Security atau Internet Antivirus untuk mengamankan aktivitas online Anda agar lepas dari malware dan phising.

3. Mengaktifkan Two-Factor Authentication (Jika ada)
Saat ini banyak website yang melengkapi layananan dengan Two-Factor  Authentication. Nah, jika web tempat akun Anda berada memiliki layanan ini, ada baiknya Anda menggunakannya agar akun Anda tidak dapat dibuka sekalipun sandi sudah berhasil di retas. Karena Two-factor ini biasanya mengirimkan kode baik melalui aplikasi resmi atau melalui SMS sebagai alat kedua untuk masuk akun setelah memasukan kata sandi dengan benar.

Masih ada banyak hal yang bisa Anda lakukan agar dapat lepas dari ancaman malware, Phising dan hacking. Hal-hal mendasar inilah yang bisa Anda terapkan sebelum menerapkan bagian-bagian lainnya yang turut meningkatkan keamanan akun Anda. (Ulum/wwrk)

Blog Wowrack Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack