Akankah Li-Fi Membawa Big Data dan IoT Pada level Baru?

Img: bandwidthblog

Surabaya (Wowrack) – Kebutuhan akan kecepatan internet yang super cepat terus menjadi tujuan utama dan sekaligus menjadi beban tersendiri untuk peusahaan. Banyak survei yang menyebutkan bahwa 2019 data akan meningkat lebih tinggi daripada yang terjadi tahun ini. Meningkatnya pengguna smartphone, server big data dan Internet of Things akan menambah masalah baru dalam mengakses data.

Akan tetapi, ilmuwan sudah menemukan metode untuk mengkases data 100 kali lebih cepat daripada penggunaan Wi-Fi saat ini yang disebut dengan Li-Fi.  Li-Fi adalah koneksi internet yang menggunakan cahaya sebagai medium pengantar data. Bahkan, seperti yang dilansir oleh Dell, Li-Fi dapat mengirimkan informasi hingga 224 GB/detik. Dalam lingkungan kantor, Li-Fi dapat memberikan kecepatan hingga 100 kali lipat daripada penggunaan Wi-Fi.

Meski memiliki kecepatan yang luar biasa, Li-Fi masih memiliki satu kelemahan. Dimana, Li-Fi yang mengandalkan cahaya tidak dapat digunakan antar ruangan yang terbatar karena dinding atau beda ruangan. Selain itu, penggunaan di siang hari juga masih bisa berpengaruh karena tidak daapat membedakan sinyal. Akan tetapi semua masih bisa di kembangkan lagi untuk dapat digunakan dalam setiap kondisi.

Kelebihannya, Li-Fi juga dapat digunakan di semua tempat semisal Dalam Bis, Kereta Api, Lampu di jalan atau ditempat-tempat umum lainnya yang dapat menghasilkan cahaya.

Dengan memberikan kecepatan yang cukup mengesankan, Li-FI disinyalir akan menjadi salah satu alat yang sangat layak untuk memenuhi keperluan Big Data dan juga dalam menjadikan Internet of Thing lebih cepat terealisasikan.

Saat ini ada perusahaan yang sedang mencoba merilis sebuah Plug-and-Play sistem Li-Fi dengan kapasitas 11,5MBps. Para pengembang pun yakin teknologi Li-Fi akan cepat menjadi andalan bagi perusahaan maupun individu setelah mengalami penyempurnaan teknologi. (Ulum/wwrk)

Source: https://goo.gl/ROhKdq

Blog Wowrack Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack