Pilih Jualan Di Market Place Atau Toko Online Sendiri?

Img: Wowrack

Surabaya (Wowrack) – Bisnis online masih tetap hangat untuk di bahas di Indonesia. Banyak faktor yang membuat bisnis online ini selalu menjadi sorotan, diantaranya adalah tingginya penduduk Indonesia, tingginya pengguna internet di Indonesia dan semakin baiknya fasilitas internet di Indonesia menjadi faktor mengapa Indonesia menjadi lahan bahas untuk memulai bisnis online.

Banyak sekali riset yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan di luar sana  yang membuktikan bahwa bisnis online di Indonesia meningkat tajam. Dalam kesempatan ini, Wowrack akan membahas tentang jual beli online yang menjadi tren tertinggi di Indonesia. Jika berbicara tentang toko online, kita akan mendengar istilah Marketplace dan Web Toko Online sendiri. Dua hal yang saat ini masih sering menjadi pilihan bagi pelaku bisnis terutama UKM.

Ada yang beranggapan “untuk apa membuat web sendiri, jika kita bisa berjualan di pihak ketiga (marketplace) dengan gratis!”. Apakah benar anggapan tersebut atau anggapan tersebut adalah anggapan yang kurang tepat? Mari kita bahas perbandingannya berikut ini:

1. Jumlah Produk
Menggunakan marketplace memang lebih mudah, karena pelaku bisnis hanya tinggal registrasi dan upload foto saja. Tapi, kebebasan penjual menjadi berkurang apabila menggunakan marketplace. Beda lagi apabila pelaku bisnis memiliki web toko online sendiri, apabila memiliki website sendiri akan lebih bebas menentukan jumlah produk mengikuti jumlah disk yang ada pada server.

2. Maintenance
Ketika pelaku bisnis berada di marketplace, maka pelaku bisnis bergantung dengan kondisi server marketplace tersebut. Apabila marketplace tersebut mengalami down, maka pelaku bisnis harus menunggu pihak marketplace menyelesaikan permasalahannya yang bisa saja membutuhkan waktui lebih lama. Sedangkan apabila pelaku bisnis memiliki server dan web sendiri maintenance bisa lebih cepat karena server dan web di kelola sendiri.

3. Nama domain
Apabila menggunakan marketplace, nama domain tidak bisa diganti dengan nama perusahaan atau nama bisnis sendiri. Menggunakan marketplace sama dengan mempromosikan nama domain marketplace tersebut. Bila pelaku bisnis memiliki website sendiri dapat menentukan nama domain sesuai nama usaha yang dimiliki selama nama domain yang diinginkan masih belum dibeli oleh pelaku bisnis lainnya.

Masih ada banyak hal yang bisa dibahas tentang pemilihan Marketplace atau Web sendiri yang akan Wowrack bahas di lain kesempatan. Jadi tetap pantau terus blog Wowrack Indonesia. Wowrack Indonesi amemberikan promo Free Domain .com. .info, .net, .org bagi pelanggan baru Wowrack Indonesia yang berlangganan Shared Hosting melalui stylehosting.co.id. Cek tarifnya sekarang juga! (ulum/wwrk)

Blog Wowrack Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack