Open Source dan Perkembangannya di 2016

Img: Wowrack

Surabaya (Wowrack) – Wowrack Indonesia (WowID) tentunya sebagai provider service dibidang Teknologi, server dan cloud menyediakan opensource, dalam bidang OS, hingga membantu anda menginstallasi opensource anda. Bahkan dalam client managed service kami, kami juga turun membantu bagaimana kinerja server secara utuh yang berkaitan dengan opensource. Dari level OS hingga kecocokannya dengan applikasi atau platform yang digunakan client untuk mengeruk keuntungan bagi bisnisnya.

Sebagai contoh, terkadang kita lupa bahwa dengan mengupdate atau mengupgrade hardware demi optimalisasi kita ingin juga untuk Operating System kita didukung dengan firmware yang terbaru. Hal yang terlihat sepele akan menjadi susah jika sudah kita lihat dampaknya pada system. Compatibility atau kecocokan menjadi pertaruhan apakah system bekerja dengan efektif atau justru mendatangkan crash dan paling parahnya down pada website anda.

Opensource disini memegang peranan penting, dimana kita dapat mencari solusi dengan berselancar dalam web, berguru dengan search engine dan blogger opensource yang memberikan pengalaman mereka untuk dibagi bersama. Dengan kapabilitasnya untuk diubah dan disesuaikan sendiri bahkan oleh orang awam, anda bisa mencoba untuk menjadi tukang bikin betul software anda.

Sebenarnya apa makna dari opensource sendiri? Opensource adalah sistem pengembangan yang tidak dipegang atau dikunci oleh suatu individu, dimana pihak lain masih dapat memanfaatkan source-code yang tersebar di internet ataupun sumber lain yang digunakan untuk kepentingan pengembangannya.
Dalam perkembangannya, Opensource yang terkenal adalah opensource berbasis Unix atau biasa kita generalisasikan secara awam adalah yang berbasis Linux programming. Bagaimana dengan Microsoft dan Apple? Apakah mereka juga memiliki barang yang diopensourcekan?

Apple sudah menggunakan basis opensource, salah astu contoh paling mudahnya adalah OS X, dimana mereka sudah memulai project opensource ini dan mulai diminati. Lalu bagaimana dengan Microsoft? Microsoft terkenal sangat protective terhadap coding mereka hingga baru saja membuka 1 programnya yaitu .NET sebagai opensourcenya yang sering berganti nama juga. Namun apakah motif dibalik ini, kita masih belum mengetahuinya secara resmi, namun beberapa dugaan adalah demi kemajuan sistem cloud Azure yang sedang dikembangkan Microsoft. Sebuah kata kecil dari lead architect Microsoft adalah semua hal ini dimaksudkan untuk tujuan yang sangat umum yaitu mengembangkan applikasi sekecil mungkin dengan menggunakan sumber yang seefisien mungkin dan diarahkan supaya bisa berdampak cepat, aman dan lincah.

Demikian sedikit update dari topik Opensource dan bagaimana kedepannya 2016 ini dari sisi opensource. (nehemia/wwrk)

Blog Wowrack Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack