What is MEA to Technology in Indonesia?

Img: liputan6

Surabaya (Wowrack) – Wowrack Indonesia  beberapa waktu yang lalu pernah mengudarakan topik ini di 88.9 SmartFM Surabaya. Ya! Wowrack juga aktif dalam edukasi dan berbagi ilmu pada masyarakat Surabaya untuk bidang IT dan Teknologi agar Surabaya ini makin canggih.

MEA adalah Masyarakat Ekonomi Asean dimana kaitannya dalam ilmu Ekonomi lekat dengan Free-Trade-Agreement. Dimana dalam teorinya, sebuah negara yang menerapkan aturan ini sudah melonggarkan perdangangan dengan pihak international, tentunya untuk MEA adalah dengan negara-negara ASEAN seperti Malaysia, Singapore, Thailand dan sebagainya.

Indonesia diharapkan menjadi Macan Asia kita pernah mendengarnya, namun bagaimana hal ini berdampak dalam kehidupan sesungguhnya? Kita melihat roda ekonomi kita masih banyak yang suka dengan beberapa hal yang “manual”. Manual Finance dan Accounting System, Penjualan Manual, Penagihan Manual hingga pencatatan produksi manual.

Pada dasarnya, otomatisasi suatu proses bisnis tidaklah murah pada awalnya, namun pada jangka panjangnya justru hal ini menghemat. Seperti halnya jika anda menemukan rumah anda bocor, nota dan berkas penting anda kehujanan, maka proses bisnis secara tidak langsung merugi. Mari kita hitung dalam nota tersebut ada biaya yang dikeluarkan hanya untuk mendapatkan cap perusahaan client, ada biaya untuk membayar jasa professional untuk mencatat biaya dan keuntungan anda. Dan tidak menutup kemungkinan jika anda sudah meranah pada semi otomatis pun, perangkat anda rusak.
MEA adalah titik dimana Indonesia harus berpikir lebih kreatif, bertindak lebih untuk kemajuan, dan berani memulai hal yang mendatangkan hal positif. Ide, gagasan, dan ciptaan anak bangsa sekarang mulai dihargai dan digunakan dikalangan masyarakat. Seperti contoh applikasi mobile, start up, portal berita dan masih banyak lain yang memanfaatkan Teknologi telah berkembang luas.

MEA adalah tantangan sekaligus peluang dimana Teknologi dan kemajuan jaman dapat menjadi solusi yang bisa menghemat dan juga meningkatkan efektifitas produksi di Indonesia. Tergantung kita sebagai pelaku bisnis melihat kearah mana dan pemanfaatnya. Di bidang lain, perdagangan semakin terbuka dan juga semakin ketat pula peraturannya, namun bagi yang bisa mengikuti perkembangannya akan berhasil untuk tetap membuat profit.

Jadilah kreatif dan berbeda untuk dapat mencapai tujuan usaha dan hidup anda dalam menyikapi tantangan MEA. (Nehemia/wwrk)

Blog Wowrack Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack