Tuesday, July 19, 2016

Empat Hal Untuk Mengamankan Internet of Things (IoT)

Img: Computer World
Surabaya (Wowrack)
- Saat ini kita sudah hampir memasuki era Internet of Things (IoT). Beberapa pabrikan sudah berhasil menyatukan kegunaannya dengan kehidupan sehari-hari. Contoh yang sudah ada saat ini ialah bel rumah yang sudah terkoneksi dengan smartphone. Ada banyak lagi teknologi yang akan diciptakan untuk mendukung Internet of Things (IoT) ini.


Meskipun demikian, perlu Anda ketahui, bahwa Anda harus memperhatikan keamanan dari penggunaan Internet of Things dalam kehidupan sehari-hari Anda. Menurut laporan dari Business Reporter, berikut adalah  hal yang perlu dilakukan agar tetap aman ketika menggunakan Internet of Things.

Melakukan Riset/Penelitian
Penelitian merupakan salah satu cara menjaga Anda tetap aman, carilah informasi sebanyak mungkin di Internet mengenai perangkat IoT Anda. Pastikan pula bahwa Anda juga memiliki perangkat yang paling update. Perlu diingat, sebelum melakukan update, Anda harus membackup data Anda.

Cek Keamanan Router
Apabila Anda menggunakan router yang terkoneksi ke seluruh perangkat internet Anda, pastikan bahwa router Anda juga memiliki firmware terbaru. Gunakan password yang kuat untuk menjaga Router Anda dari akses yang tidak diinginkan.

Menggunakan Password Yang Kuat
Password adalah kunci dalam aktivitas digital, memberikan password yang kuat sama dengan mengamankan perangkat Anda. Jangan sekali-sekali menggunakan password yang sama untuk perangkat berbeda.

Menggunakan Two-Step Authentication
Meskipun password Anda sudah aman, penggunaan ini penting untuk lebih mengamankan akun. Karena penggunaan Two-Step Authentication ini lebih memperkecil kemungkinan pihat tak bertanggung jawab masuk akses digital Anda. (Ulum/wwrk)

Author:

0 komentar: