5 Tips Mengamankan Data Di Cloud

Img: Forbas

Surabaya (Wowrack) – Masalah privasi memang selalu menjadi pokok utama dalam menentukan keamanan data yang disimpan dalam cloud. Ada banyak sekali pokok yang menjadi pertimbangan seperti masalah penyimpanan data di dalam negeri, akses data diluar  maupun hal-hal lainnya.

Lantas bagaimana agar data-data yang disimpan di cloud aman? Dalam postingan kali ini, Wowrack akan kembali memberikan beberapa kiat yang bisa Anda lakukan untuk menjaga keamanan data Anda.

1. Menghindari penyimpanan data / informasi sensitif di Cloud
Menyimpan data di cloud memang aman, tapi untuk alasan tertentu banyak ahli yang menyarankan agar tidak menyimpan data-data sensitif di Cloud. Jika menang data itu benar-benar merupakan data yang sangat rahasia ada baiknya Anda menyimpan data tersebut ditempat lain.

2 Cek perjanjian kerja guna mengetahui layanan yang diberikan oleh provider Anda.
Sebelum Anda memutuskan untuk memilih perushaan penyedia cloud untuk Anda pastikan dulu bagaimana layanan yang diberikan. Pastikan bahwa dalam perjanjian tersebut tidak ada indikasi penjualanan informasi baik data  bisnis yang Anda simpan maupun data-data  pribadi Anda. Setelah semua tidak ada kendala, Anda dapat memilih pemberi layanan tersebut.

3. Jadikan isu pembobolan password sebagai masalah serius.
Memang sudah seharusnya masalah ini menjadi perhatian penuh bagi para pengguna cloud. usahakan password yang Anda pilih memiliki kombinasi kuat misalnya dengan 10 karakter yang memiliki kombinasi angka, simbol dan juga pemilihan alfabet. Password yang cukup kuat adalah random text namun Anda dapat mengingatnya dengan mudah.

4. Ekripsi data sebelum diunggah
Sebelum Anda mengunggah file penting, ada baiknya Anda mengenkripsi file Anda secara manual. Hal ini untuk semakin menambha keamanan data Anda. Contoh yang paling mudah untuk menerapkan metode ini ialah dengan mengkrompres file kedalam format *ZIP atau *RAR dengan dilengkap password. Sehingga setiap kali orang ingin membuka file yang Anda miliki akan diperlukan password. Dan pastikan password yang digunakan adalah password yang berbeda untuk tiap-tiap file.

5.    Memilih penyedia cloud yang sudah include enkripsi
Saat ini banyak perusahaan yang memberikan penawaran cloud yang sudah termasuk enkripsi didalamnya, dengan demikian Anda bisa memilih perusahaan yang sudah memberikan layanan ini demi keamanan data Anda.

Itulah beberapa tips untuk mengamankan cloud Anda. Jika ada hal lain yang bisa dilakukan untuk keamanan data di cloud.Apabila Anda memiliki tips lain silakan kirimkan tulisan Anda kepada kami. (Ulum/Wwrk)

Blog Wowrack Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack