Cloud Storage Untuk Back Up Data Yang Aman

Img: malwarebytes

Surabaya (Wowrack) – Bagi kalangan IT dan gadget centered professional, pekerjaan tanpa koneksi internet dan piranti yang isa digunakan untuk browsing adalah siksaan yang paling menyebalkan. Namun merasakan data hilang maupun diretas baik oleh teman sendiri merupakan hal yang lebih menyebalkan. Maka dari itu, keamanan dalam sebuah sistem IT baik yang digunakan untuk bekerja maupun kebutuhan komunikasi sehari-hari adalah sangat penting.

Dijaman modern ini, bekerja sudah tidak lagi membutuhkan kehadiran di kantor karena kemacetan dan waktu yang perlu ditempuh dalam perjalanan sangat memakan waktu. Di Jakarta dan kota-kota di Indonesia kemacetan sudah bukan hal baru yang membuat orang naik pitam, macet dijalan memakan waktu 10 menit hingga berjam-jam adalah hal yang lazim. Namun, dengan majunya jaman kini orang cukup bekerja dengan telepon, chatting melalui gadget, mendesign suatu rancangan dengan laptop di kafe yang membuat lebih berinspirasi dan bekerja dengan cepat, e-mail untuk solusi surat menyurat yang formal. Anda membutuhkan tAnda tangan, maka Anda bisa menggunakan digital signature yang lansgung dengan aman, cepat dan hemat untuk mendapatkan tAnda tangan client ataupun relasi.

Semua fitur-fitur yang digunakan di dunia digital berasal dari Cloud dan berkaitan dengan penyimpanannya, bagaikan bank, Cloud Storage atau penyimpanan cloud sangat memegang peranan penting kedepannya, karena semua data baik dari foto, file, berkas, rekaman suara dan video akan disimpan ke penyimpanan di cloud karena lebih cepat untuk diakses dan dibawa kemana saja.

Namun, bagaimana jika ketakutan kita seperti hal-hal diatas memang nyata? Yaitu kehilangan data karena beberapa hal seperti di hack, virus atau malware yang mencuri atau merusak data atau sistem kita. Semua file berharga, hasil karya, maupun pekerjaan kita.

Beberapa penyimpanan menjanjikan kemudahan, namun tidak semua layanan penyimpanan cloud dirancang untuk memiliki pertahanan yang baik dan bisa ditambahkan pengamanan lebih. Disatu sisi, apabila Anda berpikir apakah penyimpanan dengan membuat cloud sendiri juga aman dan tidak bisa ditembus, ada betulnya, tetapi biaya akan menjadi faktor yang membuat Anda berpikir dua kali.

Penyimpanan cloud sepeti Google Drive, Dropbox kini makin digemari, dimana harga yang terjangkau, dan integrase penggunaan yang simple membuat kita jatuh hati. Namun beberapa provider tersebut diberitakan sudah pernah disalah gunakan oleh phising dan juga di hack. Adapun yang mungkin menyebabkan diretasnya cloud tersebut adalah mudahnya authentikasi kepemilikan account. Dan disamping itu, enkripsinya tidak lengkap membuat adanya celah untuk dapat di hack.

Enkripsi merupakan hal yang penting dalam penyimpanan dan sekaligus pengamanan yang membuat data Anda tidak mudah dibobol. Enkripsi yang biasa dan terkenal dalam dunia cloud storage ini adalah AES 256. Sedangkan untuk koneksi enkripsi sering kita dengar dengan istilah SSL, baru-baru ini SSL sudah mencapay 2056-bit sehingga cukup memakan waktu dan tenaga komputasi sangat kuat untuk membobolnya, singkatnya provider SSL bilang hal ini sangat aman.

Terlebih lagi, jika Anda menggunakan backup atau cadangan sebagai suatu hal yang Anda bisa Andalkan dimana data storage Anda dibobol oleh orang maupun terhapus, hingga corrupt saat Anda menyimpannya.

Agar data Anda aman, pilihlah juga penyedia layanan cloud storage yang menjamin Anda dengan dua hal diatas dan juga desain dan tujuan cloud storage tersebut untuk kebutuhan yang sesuai, seperti halnya jika Anda menggunakannya untuk perihal bisnis dan kolaborasi perusahaan.

Wowrack Indonesia telah berpartner dengan Acronis provider cloud storage service yang aman dan canggih. Dengan fitur cloud storage yang aman, dukungan UI dan juga opsi-opsi cara backup yang mudah, fiturnya yang menjamin data Anda tetap sesuai dengan orisinalitasnya saat disimpan, hingga kompresi data yang membuat Anda lebih hemat tempat dan biaya. Wowrack Backup as a Service juga dapat mempermudah Anda membackup semua sistem baik sistem operasi, sistem email, hingga virtual machine yang Anda pakai.

Blog Wowrack Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack