Bagaimana Cara Memanfaatkan Bot Untuk Bisnis

Img: Trendintech

Surabaya (Wowrack) – Pernah mendengar kata bot? mungkin Anda sudah sangat familiar dengan kata ini dan mungkin Anda adalah salah satu orang yang menggunakan bot untuk keperluan sehari-hari. Ada banyak bot yang dapat dimanfaatkan untuk perusahaan atau untuk kebutuhan pribadi. Sebut saja salah satu bot auto tweet atau auto update status pada fans page Facebook berbekal atom/RSS. Dimana bot ini bekerja untuk memposting hasil publikasi website yang memiliki RSS ke social media yang sudah ditetapkan.

Dalam lima tahun terakhir bot dalam bisnis semakin berkembang, salah satunya adalah ChatBot. Teknologi yang memanfaatkan kecerdasan buatan dan platform perpesanan (messenger) yang digabungkan menjadi bentuk-bentuk baru dari teknologi untuk lebih responsive. Sebagai contoh, Anda memiliki online shop yang sedang berkembang. Untuk melayani 10 customer dalam waktu singkat tanpa Customer Service mungkin akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk membalas. Anda dapat menggunakan ChatBot ini untuk menjawab pertanyaan berulang, seperti harga salah satu produk, metode pembayaran maupun ukuran yang tersedia.

Contoh lain adalah pengisian pulsa melalui ChatBot yang disediakan oleh aplikasi messenger seperti Telegram dan Google Hangout atau aplikasi obrolan lainnya yang mendukung bot. Dengan cara ini Anda dapat menghubungkan pesanan downline Anda dengan server lebih mudah dan cepat. Selain itu, lebih hemat karena downline Anda tidak perlu mengurangi pulsa untuk SMS.

Lalu apa itu ChatBot? ChatBot adalah sebuah aplikasi perpesanan yang bisa disebut dengan Conventional Interface yang dirancang untuk menyederhanakan tugas yang telah ditetapkan dan terlalu komplek untuk dilakukan secara manual. Adapun ChatBot memiliki beberapa kategori diantaranya adalah Bot Stand-alone, AI Bot, Analytics, Bot developer frameworks & messaging, Bot Discovery dan Shared services.

Bagaimana berminat untuk memanfaatkan teknologi ini? Jika Anda ingin menciptakan ChatBot dengan respon yang baik, maka Anda juga memerlukan performa server yang sangat baik untuk memastikan bot Anda selalu tersedia 24/7. Jika Anda butuh Server untuk rencana bisnis Anda ini, Anda dapat menghubungi kami di sales@wowrack.co.id atau via telepon ke 031 60002888.

Blog Wowrack Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack