Blog Wowrack

Cara Mengatasi Koneksi Internet Lambat

Yosia     8 November 2018     Jaringan     0 Comments
Internet telah menjadi bagian dari kehidupan manusia dan tidak bisa dipisahkan karena sangat berhubungan dengan kehidupan sehari -hari. Produktivitas seseorang saat ini juga sangat bergantung pada internet yang tidak hanya membantu memudahkan seseorang berbagi informasi, namun juga sebagai sarana utama dalam bekerja. Anda bisa bayangkan, berbagai kemudahan yang anda dapatkan dengan koneksi yang cepat dan stabil tiba -tiba melambat karena hal-hal yang tidak anda ketahui. Mempengaruhi mood untuk bekerja? Bisa saja terjadi, atau jika ingin berpikir positif, koneksi internet bisa membuat anda pergi keluar kantor dibanding hanya duduk depan komputer. Namun jika ini terjadi pada saat beban pekerjaan sedang sangat banyak dan harus segera diselesaikan merupakan persoalan yang berbeda dan harus segera diselesaikan. Artikel ini akan membahas mengenai bagaimana anda bisa memperbaiki dan berdamai dengan koneksi internet anda yang lambat.

Penyebab Koneksi Internet Lambat

Masalah koneksi internet masih menjadi masalah utama saat ini. Meskipun semua provider telah meningkatkan kualitas jaringan dengan menggunakan jaringan generasi ke 4 atau 4G LTE sebagai teknologi terbaru, kendala akan koneksi internet yang lambat masih sering dikeluhkan.
Koneksi internet lambat tidak hanya dikarenakan oleh provider yang tidak menggunakan teknologi terbaru, namun juga disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi. Beberapa faktor yang mempengaruhi koneksi internet lambat adalah sebagai berikut :
 
Posisi Router yang Salah
Penempatan Router memiliki pengaruh yang cukup signifikan jika diperhatikan. Router sendiri adalah sebuah alat yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Pentingnya sebuah perangkat router dan posisinya mempengaruhi cepat / lambat koneksi internet.
Router lama
Seperti perangkat lain, router juga memiliki masa pemakaian. Router yang terlalu lama dipakai hingga 6 tahun yang lalu tentu memiliki spesifikasi yang berbeda dibanding yang dikeluarkan akhir-akhir ini. Selain itu perubahan nomor series dan kecocokan sebuah router dan perangkat juga penting. Router yang dikeluarkan tahun 2001 tentu lebih cocok dengan perangkat yang dikeluarkan tahun 2001 atau sekitarnya. Ketidakcocokan tersebut bisa terjadi jika router anda dikeluarkan pada tahun 2001, sedangkan perangkat anda merupakan keluaran tahun 2010, hal ini bisa memicu koneksi internet yang lambat karena perangkat yang tidak cocok.
Gangguan dari perangkat lain
Periksa perangkat yang anda miliki di rumah, ada beberapa perangkat yang mungkin saja anda gunakan di rumah yang memancarkan sinyal seperti bluetooth, microwave, perangkat -perangkat wireless juga berpengaruh pada kestabilan koneksi internet. Koneksi -koneksi tersebut pada akhirnya saling bertabrakan dan bisa mengganggu koneksi internet anda.
Selain gangguan yang terjadi pada Wifi, terkadang gangguan juga terjadi pada jaringan seluler di telepon genggam, beberapa penyebab koneksi internet lambat pada jaringan seluler antara lain :
 
Kondisi Tempat
Tempat memiliki pengaruh yang sangat penting dalam menentukan kestabilan koneksi internet. Berada di pedesaan, ruang dengan atap beton juga dapat menghambat koneksi internet anda. Berada pada tempat seperti konser atau pementasan menyebabkan beban sebuah jaringan semakin banyak, sedangkan kuota yang disediakan oleh provider di daerah tersebut hanya terbatas, sehingga anda harus “berbagi” koneksi internet dengan terlalu banyak orang.
 
Sudah lewat batas Kuota pemakaian
Terlalu asyik menggunakan media sosial membuat seseorang lupa akan kuota koneksi internet yang dimiliki. Provider biasanya menyediakan 2 jenis paket, yakni Unlimited dan Kuota. Jika anda menggunakan paket unlimited, provider biasanya tidak langsung menghentikan akses kuota anda atau melakukan pemotongan pulsa, koneksi internet anda akan lebih lambat dibanding sebelumnya, namun jika pemakaian dengan sistem kuota akan langsung dipotong jika pemakaian kuota anda telah mencapai batas.
 
image : pixabay
 

Cara Mengatasi Koneksi Internet Lambat

Setelah mengetahui penyebab dari koneksi internet yang lambat, selanjutnya anda bisa mengatasi masalahnya, beberapa panduan untuk mengatasi koneksi internet anda yang lambat adalah sebagai berikut :
 
Periksa Hardware yang digunakan
Sebelum anda menghubungi dan menyalahkan internet provider anda terkait koneksi internet anda, coba cek router dan lakukan restart perangkat. Matikan tombol router dan nyalakan lagi untuk perangkat router anda. Selain itu, coba lepas kabel FTP dan tancapkan kembali ke router. Anda juga harus mengecek perangkat modem anda, jika dirasa sudah terlalu lama pemakaiannya, anda bisa membeli modem baru dengan spesifikasi yang lebih baik.
Periksa Kecepatan Koneksi Internet Anda
Terkadang, koneksi internet yang lambat dikarenakan anda hanya membayar kecepatan internet yang lambat pula. Coba cek di website atau telepon Call Center provider layanan anda mengenai kecepatan penggunaan internet anda. Masuk ke website Speedtest.net dan tes kecepatan “up to” anda. Jika kecepatan yang ditawarkan kurang dari kebutuhan yang anda butuhkan segera tingkatkan bandwith anda sesuai kebutuhan.
Perbaiki Sinyal WiFi
Koneksi internet di rumah anda menggunakan Wifi dan lambat? Coba periksa sinyal Wifi anda. Jika anda merasa tanda sinyal kuat, namun internet yang anda gunakan lambat mungkin hal yang dilakukan adalah memeriksa router anda dan meningkatkan koneksi internet anda, beberapa hal yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut :
a.    Upgrade perangkat Router ke 802.11AC ; Jika anda masih menggunakan jenis router 802.11g atau 802.11n segera ganti ke jenis 802.11AC. Mengapa ? Karena saat ini banyak produsen elektronik seperti tablet, laptop, smartphone menggunakan “Wireless AC” di perangkat terbaru mereka. Sehingga, tidak ada alasan bagi anda untuk tidak mengganti perangkat Router. Selain meningkatkan kecepatan, perangkat yang digunakan akan lebih compatible.
b.    Beli Wifi Adapter untuk Laptop lama anda ; Meski ini akan membuat penampilan laptop anda terlihat kurang estetik, ini membantu perangkat anda meningkatkan kecepatan dalam menangkap sinyal Wifi , utamanya laptop yang belum menggunakan teknologi Wireless AC di dalamnya.
c.     Jangan Simpan Router anda di Lemari
Menyimpan router di dalam lemari dapat menyebabkan jaringan anda terhalang. Biarkan dia diluar, agar jaringan yang didapat bisa ditangkap dan dipancarkan dengan baik.
d.    Tempatkan di posisi sentral ; sudah sangat jelas jika penempatan router haruslah berada ditempat yang bisa dijangkau oleh semua tempat di seluruh ruangan, utamanya tempat yang mengharuskan koneksi internet yang kencang seperti ruang kerja atau ruang belajar.
Coba DNS Server yang baru
Ketika anda mengetik sebuah nama website dan berselancar di website tersebut, anda menggunakan DNS server untuk menerjemahkan sebuah alamat web ke tampilan yang bisa dibaca dan nikmati seperti saat anda melihat web atau lebih dikenal sebagai IP Address. Anda bisa memaksimalkan DNS server dengan mengganti nomor serinya di control panel jika sistem anda menggunakan Windows. Namun, anda juga bisa mengunduh dan menggunakan DNS jumper serta mengaplikasikannya di komputer anda untuk mengatasi koneksi internet yang lambat.
 
Mematikan "Pembaruan Otomatis" di belakang layar 
Perangkat elektronik digital seperti tablet, laptop, smartphone saat ini memiliki fungsi multitasking yang sangat baik dimana memperbarui secara otomatis aplikasi di balik layar. Namun disisi lain memiliki dampak negatif yakni pembaruan otomatis ini dapat membuat koneksi internet anda lebih lambat karena secara tiba -tiba memperbarui aplikasi anda secara otomatis.
Image : Pixabay

 

 

 
Bagi Tugas yang lebih prioritas
Setelah menyerah dengan koneksi internet yang lambat, mungkin anda harus berdamai dengan koneksi internet yang lambat tersebut. Buat prioritas yang harus anda kerjakan terlebih dahulu dengan memilah tugas yang membutuhkan bandwith banyak dan tugas yang membutuhkan bandwith lebih sedikit. Dengan bekerja lebih cerdas seperti ini, anda akan bisa menghemat kuota anda dan bisa bekerja dalam situasi terburuk sekalipun.
 
Optimalkan web browser anda
Tampilan sebuah website yang anda lihat di layar komputer atau hp anda harus diunduh terlebih dahulu agar tampil maksimal, semakin kompleks isi sebuah website semakin banyak pula bandwidth yang dibutuhkan untuk mengunduh semua yang ada di website tersebut. Hal tersebut dapat menyebabkan koneksi internet anda lebih lambat dibanding sebelumnya. Gunakan versi HTML dari website tersebut, meski terlihat sederhana namun hal ini lebih baik agar anda bisa mengakses web tersebut sesegera mungkin.
 
Hubungi Internet Service Provider Anda

 

Koneksi internet yang lambat akan memusingkan anda karena bingung harus apa yang dilakukan. Saat sudah bingung dengan yang bisa anda usahakan, segera hubungi call center Internet Service Provider anda. Pastikan Internet Service Provider anda dapat dihubungi 24/7/ 365 sehingga anda bisa menelpon kapanpun dan mendapatkan respon yang cepat dan memuaskan. Wowrack menyediakan layanan koneksi internet yakni Wownet yang dapat memenuhi kebutuhan rumah maupun kantor dengan kecepatan sesuai dengan kebutuhan anda. Dengan layanan support 24 jam selama 7 hari serta penyelesaian yang cepat dan tepat membuat Wowrack menjadi provider terpercaya selama bertahun –tahun. Hubungi sales atau kunjungi website kami untuk mengetahui info lebih banyak.
Blog Wowrack Indonesia

Tinggalkan komentar



Dapatkan Konsultasi Gratis Untuk Bisnis Anda
Logo Wowrack Horizontal breathing space-02
Surabaya (Kantor Pusat)
Jl. Genteng Kali No. 8, Kel. Genteng,
Surabaya, Jawa Timur 60275
Indonesia

Jakarta (Kantor Penjualan)
Menara BCA Lt. 50 Unit 4546,
Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310
Indonesia

© 2024 Wowrack dan afiliasinya. Hak cipta dilindungi undang-undang.