Monday, March 30, 2020

Cara Sukses Bisnis Mampu Bertahan di tengah Pandemi COVID-19


Pandemi COVID-19 masih menjadi trending topic isu internasional yang harus diwaspadai dan menjadi prioritas yang harus diperhatikan pemerintah, instansi, dan seluruh masyarakat. Demi meminimalisir penyebaran virus ini, pemerintah di berbagai negara telah menghimbau tindakan Social Distancing untuk meminimalisir penyebaran virus. Social Distancing bisa dilakukan dengan berbagai hal misalnya mengisolasi diri dirumah saja, tidak bepergian ke tempat-tempat umum, tidak melakukan perjalanan, tidak berinteraksi dengan orang di keramaian, dan juga tidak melakukan kegiatan berkumpul yang melibatkan banyak orang. 


Beberapa sekolah dan perusahaan di Indonesia juga telah melakukan program Learn from Home dan Work from Home untuk mendukung gerakan social distancing sesuai dengan arahan pemerintah. Diharapkan dengan kerjasama berbagai pihak ini, jumlah penderita virus dapat diminimalisir dan ditekan. 


Ketika banyak orang melakukan Work from Home, bukan berarti itu artinya tidak menjadi produktif kerja. Kerja tetap dapat dilakukan dimana saja, jika perusahaan Anda mengadopsi sistem cloud untuk operasional kerja sehari-hari. Pandemi ini seharusnya tidak menghalangi masyarakat untuk tetap dapat melakukan pekerjaan sehari-hari secara virtual. Ada beberapa perusahaan maupun provider IT yang yang telah menggunakan dan menyediakan sejumlah aplikasi untuk berkolaborasi dengan sesama karyawan maupun pelanggan dimana saja dan kapan saja. 


Panduan Work from Home dan Melakukan Social Distancing
Ketika wabah COVID-19 ini menyebar, kebanyakan perusahaan menerapkan kebijakan dan meminta karyawannya untuk bekerja dari rumah. Dari sisi karyawan itu sendiri, ada beberapa kelebihan dengan bekerja dari rumah. Diantaranya adalah :
  1. Lebih hemat waktu, karena dapat memotong waktu perjalanan ke kantor maupun masalah transportasi lainnya
  2. Work-life balance, dimana bebas mengatur kapan waktu bekerja dan beristirahat. Namun harus tetap komitmen dengan office hours yang telah disepakati dengan perusahaan
  3. Dapat bekerja dengan lingkungan yang sangat nyaman dan homey dengan dikelilingi keluarga
Namun ternyata selain dari sisi karyawan, work from home juga memberikan manfaat positif bagi perusahaan, salah satunya adalah perusahaan dapat menghemat anggaran pengeluaran untuk operasional kantor sehari-hari. 


Untuk melakukan work from home diperlukan komitmen yang kuat serta sarana pendukung. Seperti misalnya gadget yang digunakan, supply listrik yang stabil, jaringan internet, serta aplikasi-aplikasi pendukung untuk memudahkan kolaborasi pekerjaan. Untuk memudahkan proses bekerja dari rumah, sebaiknya selalu biasakan untuk bangun pagi, mandi, memakai pakaian yang nyaman dan sarapan makanan bergizi seimbang. Agar tubuh tetap fit dan semangat untuk bekerja dari rumah. Buatlah tubuh dan pikiran fresh sehingga siap bekerja walaupun dari rumah. Dari sisi teknologi yang digunakan, ada beberapa aplikasi yang harus dipersiapkan untuk work from home, yaitu antara lain adalah collaboration tools yang terintegrasi dengan sistem cloud seperti:
  • Office 365, merupakan paket lengkap untuk melakukan segala aktifitas kantor seperti kolaborasi email, dokumen, data excel, penyimpanan dan pengolahan data, audio dan video conference, aplikasi chatting, dan sebagainya
  • Microsoft Teams, gabungan dari beberapa collaboration tools seperti Skype for Business hingga aplikasi chat bernama Teams dari Microsoft
  • Zoom Cloud, yaitu free platform berupa audio dan video conference dengan jumlah peserta hingga 100 orang
  • Google Hangout, memiliki fitur yang nyaris sama yaitu conference call & audio dari Google
  • Asana, Slack, dan aplikasi chatting lainnya, digunakan untuk saling mengirim pesan antara satu individu dengan individu lain, maupun seluruh karyawan. Dan juga sebagai collaboration work/to do list


Bekerja Remote selama Masa Sulit adalah Sebuah Pilihan
Pandemi COVID-19 telah mempengaruhi dan mengubah rutinitas kehidupan jutaan hidup orang di seluruh dunia. Banyak negara yang telah memberlakukan berbagai kebijakan terkait serangan wabah ini, seperti kebijakan lockdown, social distancing, work from home, study from home, hingga pembatasan atau larangan perjalanan, dan lain sebagainya. 


Bekerja secara remote / jarak jauh merupakan pilihan terbaik yang dimiliki sebuah perusahaan saat ini. Dengan kebijakan tersebut, perusahaan tidak hanya bisa menyelamatkan karyawannya, namun juga rekan kerja dan partner bisnis. 


Untuk dapat bekerja secara remote dan dapat tetap berkolaborasi dengan baik bersama tim, ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti :
  • Menjaga kesehatan. Penting untuk membuat daya tahan tubuh tetap fit selama dirumah dan melakukan kerja remote
  • Membuat rencana kerja / to-do list dan tidak menunda pekerjaan. Selama bekerja secara online, pastikan sama dengan pada saat Anda bekerja secara offline di kantor
  • Mendukung sesama tim selama bekerja remote. Sangat penting untuk berpikir positif dan mendukung semangat satu sama lain. Tidak ada salahnya Anda berbagi foto dan video hewan peliharaan kepada rekan-rekan kerja, bertanya tentang kabar, dan lain sebagainya. 
  • Aktif dalam obrolan pesan grup kantor. Hal ini juga bermanfaat untuk memastikan setiap karyawan mendapatkan informasi terbaru.
  • Membuat suasana online meeting santai namun serius. Meeting bisa dilakukan secara bersama-sama melalui audio / video conference. 


Tips Nyaman Bekerja dari Rumah
Ada beberapa ahli yang memberikan tips ketika berkerja di rumah supaya nyaman bagi pekerja, namun juga tetap produktif dan bermanfaat bagi perusahaan. Beberapa tips nya antara lain adalah :
  • Mengatur jadwal bekerja, dan konsisten dengan waktu yang telah ditentukan tersebut
  • Mengatur bagian rumah yang akan digunakan sebagai ruang kerja, dan mengkomunikasikannya bersama keluarga
  • Melaporkan rencana pekerjaan dengan atasan dan memastikan mereka tahu apa yang Anda kerjakan
  • Menjaga komunikasi dengan baik antar sesama rekan kerja
  • Berolahraga rutin minimal 20 menit setiap hari
  • Mempertimbangkan memilih waktu kerja dimana Anda merasa memiliki periode produktivitas yang tinggi
  • Mandi dan berpakaian rapi walaupun hanya berada di dalam rumah, hal ini untuk meningkatkan mood dan sugesti positif kepada diri sendiri


Lebih Produktif! 
Bekerja dari rumah disebut-sebut sebagai sebuah terobosan masa depan. Dimana ada banyak sekali keuntungan yang diperoleh dari kedua belah pihak ketika menerapkan work from home. Perusahaan bisa menghindari biaya sewa gedung atau operasional kantor yang tinggi. Disisi lain, juga terjadi peningkatan kinerja karyawan, ketika bekerja dari rumah. Secara psikologis, pekerja lebih senang karena bisa bekerja dekat dengan keluarga, memiliki waktu konsentrasi yang lebih baik, dan menghindari rasa capek karena tertunda oleh lalu lintas. Selain itu bekerja dari rumah bisa menghindari distraksi yang ada di lingkungan kerja seperti waktu makan siang yang lama dengan rekan kerja, ijin meninggalkan pekerjaan karena ada hal pribadi yang harus diurus, dan lain sebagainya. Kesimpulannya, pekerja cenderung tidak berada di kantor untuk jam kerja yang penuh. Dengan kebijakan work from home ini, setidaknya ada beberapa sisi positif yang bisa diambil dari kedua belah pihak, baik pekerja maupun pemilik bisnis. 



0 komentar: