Monday, February 21, 2022

Antisipasi Ancaman Siber Saat Work From Anywhere - Solusi Terbaik Keamanan Data

Keamanan Data saat WFA


Work Form Anywhere (WFA) atau yang kerap disebut dengan remote working merupakan sistem yang tidak mewajibkan pekerja datang ke kantor. Para pekerja dapat melakukan pekerjaan mereka dari mana saja; rumah, kantor, café, atau bahkan co-working spaces.

Semenjak kemunculan pandemi COVID-19, sistem remote working ini semakin banyak diadaptasi seluruh sektor pekerjaan. Lebih dari 50% sektor kerja menerapkan aturan bekerja dari rumah/jarak jauh untuk mengurangi laju penyebaran virus. Dengan munculnya aturan ini, para pekerja dan pemberi kerja mulai mengetahui efisiensi dan keuntungan bekerja dari jarak jauh.

Salah satunya adalah jadwal kerja yang fleksibel. Setiap pekerja memiliki jobdesc yang bervariasi, maka dari itu beban kerja dan waktu kerja juga akan sangat berbeda tiap individu. Dengan sistem Work From Anywhere, setiap pekerja dapat mengetahui kemampuan menyelesaikan beban kerjanya dengan mengatur sendiri jadwal yang diperlukan. Hal  ini tentu saja harus memperhatikan aturan jumlah jam kerja yang berlaku pada tiap perusahaan.

Kemajuan teknologi dan digitalisasi menjadi pengaruh utama terlaksananya remote working yang bak dan mumpuni. Namun begitu, tetap ada hal penting yang harus dperhatikan dengan kebijakan bekerja dari jarak jauh. Salah satunya adalah keamanan siber perusahaan dan pekerja.

Keamanan siber adalah fokus utama dalam sistem Work From Anwhere (WFA). Lingkungan kerja dan sumber daya yang bervariasi mempengaruhi tingkat keamanan data perusahaan dan pekerja. Beban kerja yang diakses dengan jaringan internet tanpa keamanan tingkat tinggi dapat merugikan semua pihak. Maka dari itu, sangat penting untuk sebuah perusahaan menyediakan solusi sebaga kunci keamanan data saat Work From Anywhere (WFA) diterapkan.

Ada beberapa pertimbangan penting dalam memilih tools untuk keamanan siber yang baik. Tiap pertimbangan ini dibarengi solusi tool untuk mengatasi resiko yang akan terjadi/ancaman siber yang bisa terjadi. Beberapa tools yang dapat meningkatkan keamanan siber tersebut adalah sebaga berikut:

VPN Corporate (Jaringan Pribadi Perusahaan/Korporasi)

Jaringan internet yang sangat luas dan bebas diakses dapat sangat berbahaya bagi keamanan data pekerja maupun perusahaan. Sehingga dibutuhkan jaringan pribadi yang akan berperan sebagai satu-satunya jalan masuk akses data dan beban kerja. Dengan begitu, perlindungan atas data dan akses akan semakin aman. VPN Corporate memungkinkan pengguna memantau akses ke aplikasi dimanapun aplikasi dijalankan. Dengan sistem no-trust-security, VPN corporate menawarkan cara yang lebih mudah dan aman untuk mengatur aplikasi yang disetujui.

VPN Corporate memungkinkan keamanan dan kepatuhan jaringan untuk perusahaan yang telah beralih ke lingkungan cloud publik/hybrid menggunakan SSL atau Keamanan Protokol Internet (IPsec), rangkaian protokol jaringan aman yang mengenkripsi data di IP. VPN Corporate juga memberi peluang bagi perusahaan untuk memberikan pekerja mereka akses koneksi terenkripsi end-to-end yang aman ke sumber daya cloud di jaringan perusahaan.

Anti Ransomware

Serangan ransomware didefinisikan sebagai malware yang menggunakan enkripsi yang menyimpan data korban dan menjadikan ancaman yang harus ditebus. Data penting pengguna dienkripsi sehingga pekerja tidak dapat mengakses file, maupun database. Uang tebusan kemudian diminta untuk jaminan pemberian akses kembali. Ransomware dirancang untuk menyebar ke seluruh jaringan sehingga dapat melumpuhkan jaringan perusahaan dengan cepat.

Ancaman ransomware ini terus berkembang menyebabkan kerugian signifikan bagi banyak pihak. Oleh karena itu, perlu adanya perlindungan keamanan tingkat tinggi untuk mencegah datangnya serangan ransomware.

Sangat penting bagi perusahaan untuk mengkonfigurasi komponen program firewall perangkat lunak dari produk anti virus yang digunakan untuk menolak semua koneksi yang masuk. Beberapa anti virus/firewall menyediakan “stealth mode” yang dapat memberikan notifikasi saat jaringan diakses oleh aktifitas tersembunyi. Hal ini memblokir akses semua orang kecuali staff profesional TI perusahaan terkait.

Proteksi/Perlindungan Siber

Menjaga keamanan siber dapat menghindari perusahaan dari pelanggaran/ancaman berbahaya. Namun begitu, keamanan tersebut tidak sepenuhnya melindungi sistem, aplikasi dan data pengguna.

Perlindungan siber adalah solusi terintegrasi yang menggabungkan keamanan siber, pencadangan, pemulihan data, dan serangan lainnya. Solusi ini memastikan sistem, aplikasi, dan data perusahaan/pekerja bebas dari berbagai errors. Human error, ancaman siber, kerusakan perangkat keras/lunak yang disebabkan manusia maupun bencana alam –dapat dilindungi dengan menggunakan solusi ini.

Salah satu product/tool yang dapat digunakan untuk menjalankan solusi ini yaitu Cyberprotect Acronis. Layanan perlindungan siber yang tersedia dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Dengan adanya solusi-solusi menghindari ancaman keamanan saat WFA (Work From Anywhere), dipastikan akan mampu menambah kemajuan efisiensi sistem bekerja dari jarak jauh yang dapat mennguntungkan semua pihak.

Dalam dunia siber, keamanan saat bekerja terutama saat menerapkan sistem WFA bisa menjadi sangat rumit dan tricky. Karenanya, perancangan strategi keamanan sistem perusahaan tidak bisa dilakukan tanpa bantuan profesional. 

Konsultasikan segera strategi keamanan perusahaan Anda pada Wowrack Indonesia dengan menghubungi sales@wowrack.co.id. Anda akan langsung dibantu oleh engineers berpengalaman dan bersertifikasi untuk merancang sistem keamanan perusahaan Anda sesuai dengan apa yang sedang dibutuhkan saat ini.

0 komentar: