Wednesday, June 15, 2022

12 Cara Mencegah dan Menangani Cyber Crime

 

Cara Mencegah dan Menangani Cyber Crime

Kejahatan digital atau juga dikenal dengan istilah cyber crime merupakan salah satu jenis tindak kriminal yang banyak dilakukan oleh berbagai oknum tidak bertanggung jawab di era digital seperti saat ini. Disadari atau tidak, berbagai tindak kejahatan digital biasanya dilakukan oleh pelaku kepada calon-calon korban yang telah diincar sebelumnya.

Ancaman bahaya serius dari kejahatan digital atau cyber crime tersebut tentu memerlukan adanya penanganan yang khusus dan tepat. Artikel berikut akan membahas beberapa cara pencegahan dan penanganan cyber crime di dunia maya.

1.      Berikan Perlindungan pada Berbagai Perangkat Digital

Melindungi berbagai perangkat digital seperti gadget, komputer maupun perangkat lain merupakan salah satu cara pencegahan tindak cyber crime. Perlindungan ini khususnya mencakup berbagai keamanan akses sistem maupun data digital sehingga orang lain tidak dapat mengakses, mencuri, merusak, maupun memodifikasi data-data dan informasi penting Anda tanpa izin.

 


2.      Gunakan Software Asli atau Berlisensi

Gunakan software asli pada perangkat digital Anda. Meskipun berbayar, penggunaan software atau perangkat lunak resmi dapat menghindarkan Anda dari ancaman malware yang biasanya ditanamkan pada aplikasi bajakan.



3.      Upgrade Software secara Berkala

Perlunya memperbaharui perangkat lunak Anda juga dapat membantu untuk meningkatkan keamanan pada perangkat. Sehingga tindakan tersebut dapat mengurangi berbagai jenis ancaman kejahatan digital dan virus yang belum terdeteksi pada versi security software sebelumnya.

 


4.      Gunakan Data Encryption

Anda juga dapat menggunakan data encryption seperti Wi-Fi Protected Access 2 (WPA2) pada jaringan lokal seperti LAN atau nirkabel sebagai salah satu upaya pencegahan cyber crime. Sehingga komunikasi dan data-data digital Anda tidak dapat disadap maupun diakses secara ilegal.

 


5.      Tingkatkan Sikap Kewaspadaan

Tingkatkan sikap waspada terhadap berbagai jenis pemberitahuan secara digital. Jangan langsung percaya dengan berbagai jenis notifikasi email, telepon, website, dan segala jenis iklan di internet.

 


6.      Periksa Berbagai Data Keuangan Secara Teratur

Ingat selalu berbagai data transaksi keuangan khususnya bank maupun kartu kredit yang dikirim melalui internet. Hal tersebut dilakukan agar Anda dapat memantau langsung ada tidaknya transaksi ilegal.

 


7.      Rutin Mengganti Kata Sandi

Perlu mengganti kata sandi pada akun-akun penting secara berkala. Kombinasikan berbagai karakter huruf, angka, mauoun simbol-simbol rumit pada kata sandi Anda agar tidak mudah diretas.

 


8.      Backup Data-Data Penting

Ada baiknya jika Anda memiliki berbagai salinan dokumen-dokumen digital penting. Sehingga data Anda akan tetap aman meskipun terjadi pencurian data maupun kesalahan pada sistem perangkat.

 


9.      Hindari Kebiasaan Membagikan Informasi Pribadi

Hindari membagikan berbagai data maupun informasi pribadi ke media sosial. Hal tersebut untuk menghindari adanya berbagai ancaman tindak cyber crime dari orang-orang terdekat.

 


10.   Jangan Hiraukan Email dan Tautan yang Mencurigakan

Jangan terlalu menghiraukan berbagai postingan aneh di media sosial maupun internet. Abaikan juga email, URL maupun alamat web yang mencurigakan.

 


11.   Pikirkan Berbagai Penawaran Online dengan Cermat

Jika Anda mendapatkan berbagai penawaran menarik berupa free merchandise atau online sale, jangan terburu-buru mengambil keputusan. Pelajari dahulu apa yang mereka tawarkan.

 


12.   Laporkan Cyber Crime kepada Pihak yang Berwenang

Jangan ragu untuk melaporkan berbagai tindak kejahatan cyber crime. Seperti hal-hal yang berkaitan dengan eksploitasi seksual, pemerasan, penindasan dan pencurian identitas.



 Demikian penjelasan dan pembahasan mengenai cara pencegahan dan penanganan kejahatan digital atau cyber crime. Jangan lupa untuk tetap berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai jenis aktivitas digital khususnya demi keamanan data dan perangkat Anda.

0 komentar: