Wednesday, June 29, 2022

Apa Itu Enkripsi? Penjelasan, Manfaat, dan Cara Aktifasinya!

 

Apa Itu Enkripsi? Penjelasan, Manfaat, dan Cara Aktifasinya!

Apakah Anda pernah mendengar kata enkripsi? Apa itu enkripsi? Enkripsi merupakan sebuah proses untuk mengamankan sebuah informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca.

Enkripsi ini telah digunakan untuk mengamankan komunikasi di berbagai negara, hanya organisasi tertentu dan individu tertentu yang memiliki kepentingan mendesak akan kerahasiaan yang dapat menggunakan enkripsi.

Di era digital ini, enkripsi telah digunakan pada sistem yang lebih luas seperti internet, perdagangan elektronik, ponsel, dan ATM bank. Enkripsi tujuannya digunakan sebagai tindak keamanan digital.

Terutama di era teknologi yang semakin canggih ini, semakin tinggi ancaman pencurian data pribadi secara digital. Oleh karena itu sangat penting Anda mengetahui perlindungan data pribadi yang tepat di berbagai gadget.

Kehilangan data pribadi melalui digital akan sangat merugikan, karena data digital Anda dapat dijadikan sebagai alat untuk pemerasan.

Untuk lebih memahami mengenai apa itu enkripsi, Anda bisa menyimak penjelasan di bawah ini:

Cara Termudah untuk Melindungi Data Pribadi Digital

Pada jaringan komunikasi WhatsApp (WA), saat Anda membuka chat pada aplikasi tersebut terdapat tulisan end-to-end encrypt.

Ini berarti WhatsApp telah memastikan bahwa hanya Anda dan lawan bicara Anda yang dapat membaca dan mendengarkan apa yang dikirim. Bahkan pihak WhatsApp pun tidak bisa membacanya.

Enkripsi merupakan proses teknis yang mengkonversikan informasi Anda menjadi kode rahasia, sehingga data yang Anda kirim, terima, maupun simpan dikaburkan.

Algoritma digunakan untuk mengacak data yang dikirimkan sebelum pihak penerima menyatukan kembali data yang diacak tersebut menggunakan kunci deskripsi.

Enkripsi merupakan cara yang paling efektif untuk mengamankan data, melindungi data dari hacker yang berhasil masuk ke jaringan data digital perusahaan untuk melakukan pencurian data.

Tujuan utama enkripsi adalah untuk melindungi kerahasiaan data digital yang disimpan pada sistem komputer atau mentransmisikan data digital tersebut melalui internet atau jaringan komputer lainnya dengan aman.

Jenis-Jenis Enkripsi

Teknologi yang semakin berkembang, membuat enkripsi semakin berkembang pula. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai apa itu enkripsi, Anda perlu mengetahui juga jenis-jenis enkripsi.

Berikut ini adalah jenis-jenis enkripsi yang biasa digunakan untuk melindungi data pribadi digital di ponsel ataupun laptop Anda:

Enkripsi Base64

Enkripsi Base64 ini menggunakan 6-bit encoding dengan karakter ASII. Enkripsi ini merupakan format yang dicetak menggunakan karakter yang memungkinkan binary data yang akan dikirimkan dalam bentuk email dapat tersimpan di database.

Enkripsi RC4

Enkripsi RC4 ini adalah salah satu jenis stream cipher yang memproses unit data dalam satu saat. Unit data tersebut umumnya berupa sebuah byte. Pengkodean data dilakukan dalam ukuran panjang yang bervariasi. Enkripsi ini didasarkan pada permutasian acak.

Enkripsi SHA

Enkripsi SHA merupakan serangkaian fungsi cryptographic hash yang dirancang oleh NSA atau National Security Agency milik Amerika. Enkripsi SHA ini terbagi menjadi tiga jenis, yaitu SHA-0, SHA-1, dan SHA-2.

SHA-2 menggunakan algoritma yang identik dengan ringkasan ukuran variabel yang juga dikenal sebagai SHA-224, SHA-256, SHA-384, dan SHA-512

Enkripsi MD5

Enkripsi MD5 ini merupakan salah satu dari rangkaian algoritma message digest yang didesain oleh Ronald Rivest pada tahun 1991. Enkripsi ini merupakan update dari versi sebelumnya yaitu MD4.

MD5 dalam kriptografi merupakan fungsi cryptographic hash yang digunakan secara luas dengan menggunakan hash 128-bit. Enkripsi ini umumnya digunakan untuk menguji integritas sebuah file.

Masing-masing enkripsi di atas memiliki fungsi yang berbeda, penggunaannya pun diterapkan bergantung pada nilai data, tujuan, dan kepentingan data tersebut, apakah data tersebut untuk bisnis, kepentingan pribadi, atau keamanan negara.

Pemanfaatan Enkripsi

Jika kita melihat film-film yang ada saat ini, kita bisa menemukan berbagai macam pemanfaatan enkripsi didalamnya. Ada yang berfungsi untuk menyembunyikan harta karun, ada juga yang menampilkannya sebagai penghalang ketika ingin berkomunikasi.

Untuk mengetahui lebih baik mengenai manfaat dari enkripsi, berikut ini adalah beberapa manfaat menggunakan enkripsi pada ponsel atau komputer pribadi Anda:

Kerahasiaan Terjamin

Ketika data Anda telah terenkripsi, pihak yang dapat memanfaatkan data tersebut hanya yang mengetahui cara menguraikan kode enkripsi tersebut, yaitu pihak yang bersangkutan. Dengan begitu, enkripsi telah menutup salah satu celah bagi penyusup menyalahgunakan data.

Proteksi pada Saluran Komunikasi atau Percakapan

Enkripsi berperan untuk menanggulangi penyadapan percakapan, baik melalui telepon atau melalui data email. Berkomunikasi secara digital sangat rentan disadap, mengalami kebocoran data, dan pencurian informasi.

Memberikan Perlindungan Tambahan pada Digital Cash

Di era teknologi sekarang ini, digital cash semakin banyak digunakan. Digital cash yang dimaksud seperti internet banking, e-wallet, saham online, dan bitcoin. Ancaman terhadap pencurian uang digital semakin tinggi, sehingga digital cash memerlukan pengaturan yang ketat supaya tetap terjaga dan aman.

Cara Mengaplikasikan Enkripsi

Bagi Anda yang ingin mengenkripsi data pribadi baik pada ponsel atau komputer Anda, berikut ini adalah beberapa langkah mudah untuk mengaplikasikan enkripsi tersebut:

Ponsel/Handphone

     Buka setting – personal – security pada ponsel Anda. Pada beberapa ponsel atau perangkat jalur bisa berbeda namun opsi yang dipilih tetap sama.

     Selanjutnya Anda akan diminta mengatur PIN atau password lock screen jika Anda belum melakukannya.

     Mengaktifkan enkripsi perangkat.

 

Cara lain yang dapat Anda lakukan:

     Back-up data pada ponsel Anda terlebih dahulu, Anda dapat melakukannya melalui Google Sync.

     Pastikan daya baterai ponsel Anda 70% ke atas supaya tidak ada hambatan ketika Anda melakukan back-up data.

     Atur penguncian layar ponsel Anda dengan PIN, kata sandi, pola, dan sidik jari.

     Saat ponsel Anda masih dalam kondisi terpasang pada pengisi daya, pilih opsi Security – Settings dan gulir ke bawah sampai melihat bagian Encryption, lalu pilih menu tersebut.

     Anda dapat menonaktifkan fitur smart lock. Karena fitur tersebut dapat mengganggu tujuan enkripsi.

Komputer/Laptop

     Klik kanan pada file atau folder yang ingin Anda enkripsi dan pilih opsi Properties.

     Pada tab General, Anda bisa mengklik opsi Advanced

     Berilah tanda centang pada opsi Encrypt Contents to Secure Data kemudian klik OK untuk menyimpan pengaturan tersebut.

     Klik OK pada jendela Properties di komputer/laptop Anda.

     Anda bisa memilih untuk mengenkripsi folder saja atau beserta file dan subfolder yang ada di dalamnya, kemudian klik OK untuk melanjutkan prosesnya.

     Setelah proses tersebut selesai, Anda akan menemukan icon gembok pada folder/file tersebut, yang artinya folder/file tersebut telah terenkripsi.

Setelah mengetahui dengan lengkap mengenai apa itu enkripsi dan penjelasan lainnya, Anda perlu untuk selalu menjaga data pribadi Anda seperti Anda melindungi diri Anda sendiri.

Karena ketika Anda kehilangan data/informasi pribadi, akan sangat membahayakan diri Anda terutama dari segi materi. Anda perlu meningkatkan keamanan pada gadget pribadi dan dokumen fisik pribadi Anda, supaya Anda lebih aman dan nyaman.


0 komentar: