Monday, October 24, 2022

Bagaimana Zimbra Melengkapi Transformasi Digital Bisnis Anda

Bagaimana Zimbra Melengkapi Transformasi Digital Bisnis Anda

Masa pandemi kemarin menjadi sebuah momen bagi bisnis untuk bertransformasi kedalam dunia digital. Zimbra hadir sebagai alat yang dapat melengkapi transformasi digital bisnis Anda, terutama dalam bidang email dan kolaborasi antar tim.

Kita semua tahu bahwa email merupakan elemen penting dalam bisnis yang sudah umum dipakai sejak tahun awal 2000an dan terus meningkat penggunaannya hingga saat ini.

Moment puncak penggunaan email terjadi ketika pandemic Covid melanda dan mengharuskan semua orang untuk beraktifitas dalam rumah. Inilah alasan mengapa email menjadi salah satu elemen penting dalam berkomunikasi dan berkolaborasi antara divisi dalam sebuah bisnis saat ini.

Untuk mengakomodasi hal tersebut, Zimbra hadir kepada bisnis dengan menyediakan pelayanan email yang aman, professional, dan mudah untuk digunakan. Berikut adalah bagaimana Zimbra dapat menjadi elemen pelengkap dalam transformasi digital Anda.

Email Profesional

Saat ini email merupakan bagian dari sebuah bisnis yang tidak dapat dipisahkan. Namun sayangnya, masih banyak terlihat bisnis yang menggunakan email-email “gratisan”.

Email “gratisan” di sini merujuk kepada email-email yang tidak menggunakan alamat khusus bisnis untuk kebutuhan bisnis tersebut.

Sebagai contoh, bayangkan jika Anda mendapatkan email dari hrd@gmail.com. Apa yang Anda pikirikan ketika menerima email seperti ini?

Selain tidak diketahui siapa yang mengirimkan email tersebut, Anda juga pasti akan waspada dengan tidak membukanya. Terlebih lagi dengan banyaknya kasus phishing melalui email saat ini.

Hal ini terbukti dari hasil survey yang dilakukan oleh GoDaddy, dimana sebanyak 75% responden menyatakan bahwa penggunaan email professional berpengaruh terhadap kepercayaan mereka terhadap bisnis tersebut.

Di sinilah Zimbra hadir sebagai penyedia layanan email yang memberikan email professional bagi bisnis Anda.

Melalui email professional ini, Anda dapat mengkustomisasi bagian ekstensi atau nama belakang email sesuai dengan nama bisnis Anda. Dari yang sebelumnya hrd@gmail.com menjadi hrd@perusahaan1.co.id.

Ada beberapa keunggulan yang bisnis Anda bisa dapatkan dengan menggunakan email professional seperti contoh di atas:
  • Membangun kredibilitas bisnis,
  • Media pemasaran tidak langsung,
  • Lebih mudah dikenali, hingga
  • Menjaga nama bisnis.

Alat Kolaborasi

Selain meningkatkan pentingnya peran email dalam bisnis, pandemi juga memberikan dorongan kepada program yang mempermudah kolaborasi antar tim. Sebagai contoh, tempat penyimpanan bersama, program video call, dan program edit data.

Selain menawarkan jasa email professional, Zimbra juga memberikan fasilitas alat kolaborasi demi mendukung kegiatan bisnis. Pada Zimbra sendiri terdapat 3 kategori alat kolaborasi yang tersedia, yakni:
  • Zimbra Connect
  • Zimbra Drive, dan
  • Zimbra Docs

Zimbra Connect

Zimbra Connect merupakan sebuah program yang bisnis bisa langsung dapatkan ketika menggunakan Zimbra sebagai penyedia email bisnis Anda. Melalui aplikasi ini, Anda tetap dapat terhubung dengan anggota tim tanpa melihat jarak diantara keduanya.

Beberapa fitur dari Zimbra Connect adalah:
  • 1:1 dan grup chat
  • Video call grup maupun kanal
  • Membagikan file
  • Membagikan layer
Dari fitur-fitru ini, Anda akan dapat dengan mudah meningkatkan teamwork dan tetap membangun kontak dengan anggota yang bekerja secara remot.

Zimbra Drive

Zimbra Drive merupakan tempat dimana tim dapat meletakkan file maupun data yang mereka kerjakan yang kemudian dapat diakses bersama.

Yang membedakan Zimba Drive dengan tempat penyimpanan lainnya seperti Google Drive adalah akses yang ditawarkan. Dimana dengan Zimba Drive, semua anggota tim tidak perlu membutuhkan permintaan izin setiap ingin mengakses data.

Dengan begini, Anda dapat mengalokasikan waktu yang sebelumnya terbuang percuma menjadi sebuah produktifitas yang menghasilkan.

Zimbra Docs

Zimbra Docs merupakan kumpulan program produktifitas yang akan didapatkan oleh Anda ketika menggunakan Zimbra.

Melalui kumpulan program ini, Anda bersama dengan tim dapat membuat dan merubah dokumen, membuat spreadsheet, hingga membuat sebuah presentasi. Dengan kata lain, Anda mendapatkan aplikasi semacam Office secara cuma-cuma.

Pengelolaan yang Efisien

Anda tidak perlu khawatir akan masalah pengelolaan yang harus Anda lakukan setelah membaca semua kemampuan Zimbra di atas tadi.

Keuntungan lainnya yang dimiliki oleh Zimbra adalah sistem pengelolaannya yang efisien. Sebagai contoh efisiensi pengelolaan Zimbra, Anda dapat dengan mudah mengangkat seseorang menjadi admin, dimana ia dapat melakukan kegiatan sesuai dengan peran yang sudah diatur.

Hierarchical Storage Management dan Address Book memastikan anda dapat dengan mudah mencari dan memindahkan data maupun alamat dari sebuah email ke penyimpanan data yang lain.

Zimbra Juga memiliki fungsi backup yang bisa berjalan secara otomatis yang juga merupakan salah satu fitur perlindungan email bisnis Anda.

Perlindungan Data

Berbicara mengenai perlindungan, selain backup juga terdapat sistem perlindungan aktif yang akan mengamankan data hingga perangkat Anda dari serangan melalui email.

Sistem seperti Postscreen, Digital Signatures Encryption, dan Two-factor Authentication merupakan beberapa fitur perlindungan data aktif yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan Zimbra.

Fitur perlindungan ini akan memastikan Anda terhindar dari serangan siber berbasis email seperti phishing.

Kustomisasi Hingga Add-Ons

Alasan lain mengapa Zimbra dapat melengkapi transformasi digital bisnis Anda ialah kemampuannya yang dapat di kustomisasi sesuai dengan kebutuhan dan juga integrasi dengan aplikasi lainnya.

Zimbra memberikan akses ke dalam framework dan API yang di gunakan kepada pelanggan, memberikan Anda kontrol penuh terhadap bagaimana bisnis Anda ingin menggunakan Zimbra.

Sebagai kepanjangan tangan dari langkah ini, dengan menggunakan Zimbra, Anda juga dapat mengintegrasikannya dengan aplikasi lain. Slack, Dropbox, dan Zoom adalah beberapa program yang dapat dengan mudah dapat di integrasikan dengan Zimbra.

0 komentar: