Blog Wowrack

Data Analyst: Pengertian, Manfaat, Hingga Prospek Kerjanya

Firstian     9 August 2023     Berita & Pembaruan     0 Comments

Saat ini, semua industri sangat bergantung pada data untuk membuat keputusan bisnis. Dengan berkembangnya teknologi digital menjadi salah satu penyebab bertambahnya jumlah data yang diterima. Jika data yang ada dapat digunakan dengan baik maka hal tersebut dapat digunakan untuk menjawab permasalahan yang dihadapi di perusahaan.

Sebelum data diterima, data tersebut harus dianalisis terlebih dahulu untuk mengumpulkan informasi serta membantu pengambilan keputusan bisnis. Profesi yang berhubungan dengan analisis data tersebut sering dikenal dengan Data Analyst. Jika Anda ingin menjadi seorang data analyst, berikut penjelasannya beserta informasi lengkap mulai dari pengertian hingga tips untuk memilih bootcamp data analyst.

Pengertian Data Analyst

Sebelum kita masuk ke tips bootcamp analis data, sebaiknya pahami terlebih dahulu apa itu data analyst. Analis Data adalah seseorang yang menganalisis data untuk menemukan cara memecahkan masalah di dunia bisnis.

Dengan banyaknya data yang tersedia, seorang analis data harus mampu menerjemahkan data dalam bentuk angka menjadi laporan yang dapat dipahami dengan mudah oleh manajer dan pemangku kepentingan. Pekerjaan ini memiliki prospek yang sangat luas, Anda bisa bekerja di banyak industri, termasuk bisnis, keuangan, sains, kedokteran, bahkan pemerintahan.

Manfaat Seorang Data Analyst Terhadap Bisnis Perusahaan

Data yang berharga sangat penting bagi sebuah perusahaan. Jika data tersebut tidak dapat diolah dengan baik maka data yang telah terkumpul menjadi tidak berharga dan hanya akan menjadi sampah yang mengisi tempat penyimpanan. Perusahaan mulai menyadari bahwa analis data sangat penting dalam membantu mereka membuat keputusan dengan data yang mereka miliki.

Dengan adanya data analyst, sebuah perusahaan dapat menemukan solusi atas permasalahan yang mereka hadapi serta juga dapat mengambil keputusan untuk pengembangan bisnis kedepannya. Keputusan dari berbagai jenis, seperti pengembangan produk baru, pasar baru untuk dijangkau, investasi baru untuk dilakukan, atau cara menjangkau pelanggan baru. Selain itu, seorang analis data akan memecahkan masalah data seperti, Siapa yang akan menjadi target iklan? Rentang usia berapa? Bagaimana caranya?

Kualifikasi dan Keterampilan

Posisi analis data terus berkembang dalam beberapa tahun terakhir dan tetap menjadi salah satu pekerjaan yang dicari oleh dunia bisnis saat ini. Dengan begitu, cara memulai karir di posisi ini lebih beragam dan fleksibel. Misalnya, latar belakang pendidikan formal yang relevan tidak lagi menjadi persyaratan utama untuk melamar pekerjaan ini. Anda bisa menempuh jalur pendidikan non formal, seperti stand camp atau sertifikasi, untuk mendukung profil Anda dalam proses rekrutmen.

Bekerja di bidang ini mengharuskan seorang analis data untuk dapat mempelajari suatu masalah dengan teknik serta kerangka kerja yang runtut atau sistematis. Langkah ini memungkinkan analis data dengan mudah menganalisis masalah bisnis masing-masing perusahaan. Selain mampu menganalisis data, seorang analis data harus mempunyai pengetahuan dan keterampilan agar dapat menilai bagaimana kinerja bisnis perusahaan.

Oleh karena itu, wawasan yang diterapkan oleh para analis data akan sejalan dengan bisnis perusahaan. Selain memiliki kemampuan dalam hal data, seorang analis data juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, karena analis data akan menjelaskan hal-hal teknis, mengevaluasi kinerja bisnis perusahaan dan menyebarkannya ke banyak orang di perusahaan.

Tools dan Teknologi yang Digunakan

Menentukan jenis data analytics tools yang tepat, harus mempertimbangkan banyak faktor, seperti  kebutuhan perusahaan dan kecocokan dengan sistem lain yang telah digunakan. Simak penjelasan data analytics tools di bawah ini yang dinilai unggul, untuk melihat gambaran yang jelas mengenai hal tersebut!

Tableau

Tableau adalah software yang memiliki kemampuan Big Data yang canggih. Perlu kita ketahui, bahwa fungsi big data adalah untuk mengumpulkan serta mengolah informasi customer sehingga pengusaha dapat mengetahui kebutuhan customer dan menjadi lebih dekat dengan mereka.

Karena memiliki peran sebagai tools untuk big data, Tableau bisa menghubungkan data dari berbagai sumber, seperti data berbasis Microsoft Excel serta jaringan internet. Hasil pengolahan data dari tools Tableau juga beragam, mulai dari berupa data visualisasi dalam bentuk bagan sampai dalam bentuk dashboard. Tak hanya itu, hasil pengumpulan data tersebut dapat diperbarui (update) secara real time.

Selain itu, Tableau juga menyediakan fitur unduh dengan berbagai format berkas dengan berbagai macam kebutuhan. Anda juga dapat men-share solusi analisis data di berbagai sosial media maupun pada customer apabila diperlukan.

Domo

Domo adalah sebuah ruang manajemen bisnis yang berbasis cloud. Perangkat lunak ini mampu menggabungkan sumber data mulai dari database, spreadsheet, hingga perangkat lunak berbasis cloud.

Kecepatan dan pemahaman data menjadi fokus utama dari Domo. Kemampuan business intelligence dari perangkat lunak ini memungkinkan penggabungan melalui visualisasi dan fitur pemberian komentar pada perangkat tersebut. Software ini juga mendukung penggunaan melalui gawai elektronik. Oleh karena itu, pengguna bisa mengaksesnya dengan mudah, kapan, dan di mana saja.

Looker

Looker termasuk tools yang lebih cocok dan tepat bagi pengguna yang sudah memiliki pengalaman dalam membaca, mengolah serta memakai data. Dengan menggunakan proses extract, load, dan transform (ELT) yang ada, pengguna aplikasi ini dapat membentuk dan mengubah data sesuai kebutuhannya.

Looker merupakan salah satu data analytic tools yang bisa menyampaikan data secara langsung ke tools serta aplikasi yang Anda gunakan. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk memberikan pertanyaan yang rumit, selama memakai business language yang umum.

Sisense

Sisense dapat menyederhanakan analisis data menjadi hasil olahan data yang tidak hanya dapat dipahami oleh tim analisis, tapi juga dapat dipahami oleh pengguna yang lebih awam.

Tools ini menawarkan berbagai fitur kepada pengguna. Mulai dari pengaturan mulai dari visual dashboard sesuai kenyamanan dan kebutuhan, visualisasi interaktif, serta kemampuan analisis yang mumpuni.

Contoh Penerapan Data Analyst

Penerapan di Bidang Retail

Aplikasi Data Analyst di industri retail adalah untuk mencari relasi produk dari sebuah transaksi penjualan. Perusahaan ritel akan menganalisis pola perilaku konsumen dengan melihat riwayat transaksi, keranjang belanja, dll. Hal ini bertujuan untuk memposisikan produk yang cenderung dibeli sekaligus memberikan rekomendasi produk kepada konsumen.

Dengan demikian penjualan akan meningkat dan barang yang tidak terjual akan berpeluang untuk dibeli dan akan lebih menarik jika diposisikan dengan benar atau sering disebut dengan “MBA (Market Base Analysis)”.

Dengan mengetahui pola konsumsi konsumen, sektor retail dapat memperoleh banyak insight yang akan mengoptimalkan keuntungan, karena perusahaan dapat menentukan tujuan pemasaran yang tepat dari hasil analisis tersebut.

Penerapan di Bidang Marketing

Yang tidak kalah pentingnya adalah penerapan Data Analyst di bidang pemasaran. Di bidang pemasaran, Anda akan mengenali kebutuhan yang berbeda dari setiap pelanggan, sehingga akan menjadi hal yang mendasar untuk rencana pemasaran yang produktif.

Hal ini dikarenakan setiap konsumen memiliki keinginan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, dibutuhkan seorang Data Analyst untuk melakukan segmentasi pelanggan berdasarkan karakteristik konsumen yang terdiri dari usia, profesi, tempat tinggal, dan lain-lain. Hal ini dimaksudkan agar penjualan Anda lebih terarah dan mempelajari peluang yang ada di luar sana.

Gaji Seorang Data Analyst

Saat ini, data analyst menjadi profesi yang semakin diminati dalam 5 tahun terakhir dan juga karena banyaknya pencari kerja dan lowongan yang tersedia di berbagai perusahaan. Menjadi Data Analyst tidak serta merta langsung membuat Anda mendapatkan gaji yang tinggi, seorang Data Analyst memiliki tingkat karir yang perlu dilalui.

Gaji Data Analyst Pemula

Seorang analis data yang dikatakan masuk tingkat pemula adalah seseorang yang belum memiliki pengalaman kerja, namun sudah mampu mengembangkan hard skill dan soft skill. Gaji seorang data analyst pemula berkisar antara 4 hingga 7 juta di perusahaan besar di Indonesia.

Gaji Data Analyst Junior

Tidak seperti pemula, analis data junior sudah memiliki pengalaman kerja dan sudah diberikan  kesempatan untuk membuat keputusan sambil menangani masalah. Gaji  seorang data analyst junior berkisar antara 9 sampai 15 juta dengan karir berkisar antara 5 sampai 8 tahun kerja.

Gaji Data Analyst Senior

Untuk mencapai tingkat Senior Data Analyst tentu tidak bisa dicapai dalam waktu singkat, Profesi ini membutuhkan pengalaman, pengetahuan dan juga keterampilan dalam bekerja.

Anda tidak hanya memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar dalam membuat sebuah laporan, tetapi Anda juga memiliki tanggung jawab untuk ikut menentukan arah perusahaan. Dengan banyaknya tanggung jawab yang diberikan kepada mereka, hal ini membuat gaji seorang analis data senior begitu besar. Bahkan perusahaan terkenal berani membayar lebih dari 30 juta.

Cara Menjadi Seorang Data Analyst

Nah, bagi Anda yang benar-benar ingin tahu cara menjadi data analyst terpercaya, berikut beberapa langkah yang bisa Anda ikuti:

● Memahami dasar-dasar analisis data. Pahami dulu teori dasarnya, lalu pelajari tentang peran data dalam bisnis dan berbagai tanggung jawab yang harus dilakukan oleh seorang analis data.

● Meningkatkan kemampuan teknis. Kuasai beberapa keterampilan analis data yang diperlukan seperti bahasa pemrograman, pembersihan data, pergudangan data, dan visualisasi data.

● Mulailah mengerjakan proyek. Untuk mengasah keterampilan Anda, Anda perlu melatih keterampilan Anda pada proyek analisis data. Anda bisa mendapatkan proyek ini melalui kursus online atau magang.

● Buat portofolio yang menarik. Pastikan Anda terlihat menarik bagi perekrut! Untuk itu, Anda perlu membuat portofolio menarik yang berisi daftar keterampilan dan proyek yang pernah Anda kerjakan.

● Tingkatkan kredibilitas melalui sertifikat. Untuk membuat portofolio Anda lebih bagus, Anda dapat menambahkan sertifikat analisis data. Dengan demikian, perekrut bisa lebih yakin untuk memilih Anda dalam seleksi.

● Cari pekerjaan analis data tingkat pemula. Setelah Anda memiliki keterampilan, pengalaman, dan juga portofolio yang menarik, Anda dapat mulai mencari lowongan analis data dimulai dari tingkat pemula.

Rekomendasi Bootcamp Data Analyst

Pembelajaran analis data dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan cara mandiri dimana Anda belajar sendiri secara otodidak dan kedua dengan mengikuti bootcamp. Nah, jika Anda tertarik untuk mengikuti kursus, berikut rekomendasi bootcamp Data Analyst yang bisa Anda pilih:

RevoU

Rekomendasi kamp pelatihan analis data pertama adalah RevoU. RevoU adalah sekolah daring atau online (teknologi pendidikan), yang bertujuan untuk memberikan pelatihan keterampilan digital yang sedang diminati. Di RevoU kalian akan belajar giat selama 14 minggu dengan berbagai materi dan kegiatan yang akan menambah skill dan kemampuan kalian di bidang teknologi digital salah satunya adalah Data Analyst.

Ketika Anda mengikuti bootcamp analisis data RevoU, Anda akan belajar banyak hal tentang proses analisis data, visualisasi data, cara memproses data menggunakan bahasa pemrograman, dan lain-lain. Berikut ilmu yang akan Anda dapatkan saat mengikuti bootcamp RevoU:

● Dasar-dasar analisis data

● SQL dan Phyton

● Visualisasi data dan komunikasi

● Persiapan karir dan proyek nyata

Pacmann

Pacmann adalah kamp pelatihan analis data yang direkomendasikan untuk diikuti. Pacmann adalah lembaga pelatihan ilmu pemodelan data dan jasa konsultasi bagi perusahaan yang membutuhkan bimbingan machine learning di Indonesia.

Kelas pertama Pacmann yaitu kelas Pembelajaran Mesin dan Statistik, pertama kali diluncurkan pada tahun 2017. Pacmann membuka jalan bagi programmer tanpa gelar berkelanjutan yang berdedikasi untuk melakukan pengembangan bisnis melalui ilmu data. Program ini juga telah terintegrasi dengan lokakarya proyek dan bimbingan karir untuk memastikan para lulusan Pacmann mendapatkan karir impian mereka.

Refocus

Rekomendasi bootcamp Data Analyst selanjutnya adalah Refocus yang merupakan sebuah platform berbasis pendidikan online yang memiliki fokus dan tujuan untuk mengubah seorang awam menjadi profesional di industri digital. Bootcamp Refocus ini akan memberikan pengajaran mengenai profesi digital kepada masyarakat yang sekarang ini menjadi bidang paling diminati di pasar dan akan bertahan lama.

Dalam kamp pelatihan analitik data, Anda tidak hanya mempelajari cara mengumpulkan dan memprosesnya. Melainkan Anda juga akan mempelajari cara menganalisis data, membuat laporan terperinci, dan membantu perusahaan mencapai tujuan bisnis menggunakan alat analisis yang relevan.

Perbedaan Data Analyst dan Data Science

Jika Anda memperhatikan platform pencarian lowongan untuk pekerjaan tentang data, Anda mungkin pernah melihat lowongan pekerjaan untuk analis data (data analyst) dan ilmu data (data science) yang memiliki deskripsi pekerjaan yang sangat mirip, bukan? Jangan salah, ternyata Data Analyst dan Data Science adalah profesi yang berbeda, namun dua bidang pekerjaan ini saling terkait. Yang membedakan Analis Data dan Ilmu Data adalah tujuan, tanggung jawab, hasil, dan sasaran yang berbeda.

Analis Data bertugas mengelola data, menarik kesimpulan dan memvisualisasikannya. Seorang analis data harus berhadapan langsung dengan sejumlah besar data dan bertugas menemukan informasi yang memajukan bisnis dalam berbagai hal. Analis data lebih fokus menganalisis data spesifik di sumber tertentu, mereka tidak memiliki akses ke semua data dan ini memberikan batasan atas apa yang harus mereka kerjakan.

Jika data analyst bertugas menganalisis data secara khusus untuk sumber tertentu, maka data scientist bertugas menyusun data dari berbagai sumber yang ada. Oleh karena itu, data scientist perlu membentuk kembali data tersebut ke dalam format yang sesuai dan memastikan bahwa data tersebut konsisten saat memasuki tahap selanjutnya.

Prospek Karir

Prospek pekerjaan analis data di era digital ini sangat menjanjikan. Secara alami, ruang lingkup pekerjaan bervariasi. Bisa di perusahaan, lembaga keuangan, instansi pemerintah, lembaga survei, lembaga sosial, bahkan tidak menutup kemungkinan untuk membuka startup sendiri yang menawarkan jasa analisis data

Anda juga memiliki kesempatan untuk mengembangkan diri dengan jenis pekerjaan online lainnya. Misalnya, ilmuwan data, insinyur data, arsitek data, administrator basis data, dan banyak lagi. Jadi, Anda tidak perlu bingung mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat Anda.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Anda tetap bisa menjadi data analyst meskipun Anda fresh graduate dari kampus. Hal ini karena tidak semua perusahaan atau institusi mencari analis data senior. Ada jalur karir yang harus dilalui dalam profesi analis data ini. Yuk simak berikut ini

Entry level

Jika Anda lulusan baru, Anda akan diposisikan sebagai analis data tingkat pemula. Meskipun baru pemula, Anda juga harus memiliki keterampilan analis yang terampil dan berpikir kritis. Anda akan bergabung dengan tim dan bekerja sama untuk membantu supervisor menganalisis data. Pada tingkat ini, Anda bisa menyerap banyak ilmu dari rekan satu tim dan atasan Anda.

Junior

Bagi mereka yang telah memiliki pengalaman kerja lebih dari tiga tahun, dapat ditempatkan pada kategori ini. Pada fase ini, Anda akan ditugaskan untuk menginterpretasikan dan menerjemahkan data dengan berbagai mode analisis. Tidak hanya mengumpulkan data, Anda juga melakukan segmentasi dan mempresentasikan hasil riset Anda kepada atasan atau leader.

Senior hingga leader

Untuk mencapai tingkat ini, Anda membutuhkan lebih dari tujuh atau delapan tahun pengalaman kerja. Biasanya pekerjaan Anda akan lebih sulit dan Anda akan diminta untuk mempersiapkan regenerasi seorang analis data muda yang baru.

Profesi ini dibutuhkan di hampir semua industri, oleh karena itu peluang kerja Anda semakin besar. Anda dapat bekerja di bidang transportasi, perbankan, perawatan kesehatan, asuransi, dan banyak industri lainnya, tidak hanya yang didedikasikan untuk teknologi. Semoga informasi ini membantu Anda, ya!

Wowrack adalah perusahaan penyedia solusi IT yang meliputi data center, cloud dan connectivity. Untuk mengetahui solusi apa yang sesuai untuk Anda, Anda dapat langsung menghubungi sales@wowrack.co.id.

Tinggalkan komentar



Dapatkan Konsultasi Gratis Untuk Bisnis Anda
Logo Wowrack Horizontal breathing space-02
Surabaya (Kantor Pusat)
Jl. Genteng Kali No. 8, Kel. Genteng,
Surabaya, Jawa Timur 60275
Indonesia

Jakarta (Kantor Penjualan)
Menara BCA Lt. 50 Unit 4546,
Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310
Indonesia

© 2024 Wowrack dan afiliasinya. Hak cipta dilindungi undang-undang.