Bytes vs Bits

Semenjak saya balik Indonesia di tahun 2009, banyak teman-teman saya yang bingung bedanya apa sih bytes ama bits itu. Banyak sekali terminology bytes dan bits dan inipun bisa membingungkan.

Ada satu formulae yang perlu kita ingat yaitu:

1 Byte = 8 bits

Byte itu adalah unit size dari sebuah file atau data.
Bits itu terdiri dari angka 1 (On) dan 0 (off) dibahasa computer.
Jadi kita bisa bilang bahwa untuk 1 Byte file size itu harus ada terdiri dari 8 angka yang terdiri dari 1 atau 0.

Mungkin anda pernah dengar bahwa bits itu adalah bandwidth. Bandwidth dari definisi maksudnya seberapa besar satu koneksi (pipa) Internet. Untuk mentransfer 1-Byte dalam 1 detik kita membutuhkan 8-bit per detik bandwidth. Sampai sini kira kira mengerti? Ya mungkin sudah cukup dengan teknik terminologynya.

Disetiap webhosting provider, mereka akan menampilkan berapa besar data transfer per paket yang provider itu sajikan. Misalkan 1 provider ada bilang Packet A data transfernya sebesar 1000 GigaBytes per bulan. Yang dimaksudkan disini itu adalah kami bisa mentransfer file-file antara hosting dan client sebesar 1000 GigaBytes. Jadi client A mempunya satu image file yang sebesar 1 MegaByte jadi dalam sebulan client A bisa mentransfer file itu 1,000,000 kali.  (1000 MegaBytes = 1 GigaByte).

Provider mengasih tahu kecepatannya koneksi mereka ke Internet. Pasti pernah denger 100 Megabits per second (Mbps) atau 512 Kilobits per second (kbps). Nah dengan adanya formula diatas tadi, kami bisa membuat sesuatu value yang bisa kita bisa ketahui tentang seberapa besar file yang kita bisa transfer didalam satu pipa ini. Misalkan 512kbps (per detik), berapa besar file yang bisa kita transfer dalam satu detik itu sama dengan 512k / 8 = 64 kiloBytes per detik.

Jadi data transfer dan kecepatan itu relative tidak sama tetapi mereka bergantungan dengan satu sama lainnya. Data Transfer kita bilang volume data yang bisa kita transfer dan kecepatan data itu sebarapa banyak data yang kita bisa transfer dalam satu detik.

Sampai disini dulu ya. Ntar minggu depan saya akan lebih menjelaskan kenapa kok slow internet koneksinya dan juga bottleneck.

Blog Wowrack Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack