Resiko Dalam Penggunaan Bitcoin Dalam Transaksi

Img: kompas

Mata Uang virtual atau yang terkenal dengan nama Bitcoin telah menorehkan kesuksesan besar dalam menghimpun dana investasi. Jenis mata uang yang tidak diatur dalam aturan bank sentral ini ternyata memegang pengaruh besar bagi kehidupan banyak orang saat ini. Pasalnya, banyak sekali orang yang mulai berinvestasi di dunia maya.

Memang, kehadiran Bitcoin menawarkan banyak manfaat, tetapi tetap saja memiliki risiko yang bisa merugikan pihak investor. Setidaknya ada 5 risiko berinvestasi dengan mata uang jenis ini seperti :

1. Uang Tidak Aman
Mata uang virtual Bitcoin merupakan mata uang internasional yang unik, yang dapat menjadi produk investasi yang menguntungkan. Transaksi ini dilakukan secara diam-diam antarindividu sehingga membebaskan para investor dari biaya, seperti pajak.

Sayangnya, mata uang ini tidak memiliki jaminan karena tidak dikeluarkan bank sentral. Hal ini berbeda dengan investasi resmi lainnya yang dananya dijamin oleh negara. Inilah yang membuat para investor Bitcoin bisa saja kehilangan uangnya swaktu-waktu.

 2. Nilai Mata Uang Tidak Stabil
Karena mata uang ini tidak diatur bank sentral, maka investor berpotensi menghadapi ketidakstabilan nilai mata uang yang ekstrim. Ada risiko yang mengancam investasinya. Memang, kita tidak bisa memperkirakan nilai Bitcoin ke depan.

Dengan uang ini, investor bisa mendapatkan untung atau mengalami kerugian setengah dari nilai investasinya hanya dalam hitungan jam. Krisis ekonomi dalam investasi Bitcoin terjadi pertama kali pada tahun 2013 dimana nilai mata uangnya menurun drastis dari US$ 266 menjadi US$ 125 pada akhir tahun.

3. Kejahatan Virtual
Mata uang virtual Bitcoin bisa diterjermahkan sebagai ancaman bagi para investor. Pasalnya, dengan sistem penomoran virtual maka bisa denngan mudah dimangsa para penjahat cyber. Peristiwa yang pernah terjadi di pasar Bitcoin Jepang MtGix yang telah diretas oleh “cybermalfrats” beberapa tahun lalu. Perusahaan ini telah kehilangan 750 ribu Bitcoin sejak saat itu.

4. Penggunaan Terbatas
Ada beberapa situs komersial yang menggunakan Bitcoin sebagai alat pembayaran. Hal ini membuat para investor bisa menghabiskan Bitcoin secara online seperti untuk membeli game virtual atau online poker. Namun, para investor tidak bisa menggunakan Bitcoin pada produk tertentu seperti mobil, pakaian, real estate. Pasalnya, para penjual belum percaya dengan metode pembayaran virtual seperti dengan Bitcoin.

5. Merugikan Negara
Menurut ekonomi, investasi dengan Bitcoin dapat membahayakan demokrasi dan fiskal negara. Transaksi bebas tanpa biaya atau pajak ini bisa menyebabkan fluktuasi yang besar.

Ada beberapa negara yang sangat bergantung pada penerimaan pajak, seperti Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Sirkulasi mata uang virtual ini akan menganggu arus kas dan pendapatan negara. Dampak lebih besarnya tentu akan menganggu penerimaan pajak yang diperlukan untuk membiayai kebutuhan negara.

Blog Wowrack Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack