Marketing 5.0 – Meleburnya Marketing Dengan Teknologi

Img: Ormeaubusinesspark

Surabaya (Wowrack) – Ada pepatah mengatakan manusia tanpa “Teknologi” tidak ada apa-apanya. Setuju atau tidak, namun jika dilihat dari berbagai sisi, manusia memang tidak lepas dari yang namanya teknologi. Bukan hanya dalam ruang lingkup Komputer saja, tapi teknologi dari berbagai aspek.

Dalam hal ini, Wowrack akan membahas tentang teknologi yang berhubungan dengan Marketing. Dalam hidup kita ini, sebenarnya sudah melewati beberapa fase teknologi dalam hal Marketing. Dari sejarahnya, Marketing berawal dari lisan ke lisan, hingga akhirnya ada satu media yang membuat Marketing menjadi lebih luas.

Teknologi pertama adalah Koran/Majalah yang menjadi alat utama dalam memasarkan produk. Dulu, Koran adalah salah satu hal penting dalam kehidupan masyarakat. Koran dan Majalah menjadi sumber bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi. Dan hadirnya Koran membuat marketing menjadi lebih luas.

Selanjutnya adalah media penyiaran seperti Televisi. Banyaknya televise swasta yang muncul membuat pemasaran menjadi semakin luas. Jika pada suatu daerah masyarakatnya tidak suka membaca atau tidak bisa membaca, melalui pemasaran lewat Televisi masyarakat yang tidak bisa membaca bisa mengetahui produk. Salah satu cara mereka mengenal produk dengan Brand dan kemasan bagi masyarakat yang tidak bisa membaca.

Ketiga adalah Internet dan Search Engine. Sebelum ads berkembang seperti saat ini, seorang marketing memasarkan produk dan perusahaannya melalui Internet dengan menggunakan layan adsense dan ads lainnya yang serupa. Selain itu pemanfaatan forum sebagai tempat jual beli turut membawa seoarang marketing semakin memperlebar sayapnya. Banyak Entrepreneur yang sukses karena memasarkan produknya melalui forum dan Internet dengan menggunakan blog/website.

Keempat adalah Social Media and Application Ads menjadi teknologi yang saat ini digemari. Hal ini juga tidak terlepas dari meningkatnya Online Shop dan banyaknya massa yang menggunakan Internet untuk berlama-lama di Social Media. Serta, penggunaan Smartphone yang terus meningkat membuat para developer memanfaatkan produk mereka untuk menjadi tempat iklan.

Dan yang terakhir adalah Digital Marketing Clouds, ini adalah sebuah pendekatan baru yang digunakan oleh marketer, dengan menggunakan kemampuan teknologi untuk membantu implementasi dari konsep Digital Marketing Cloud ini. Pada dasarnya, konsep ini mengedepankan relevansi dari informasi dan respon dari perusahaan kepada pelanggannya ataupun sebaliknya.

Dengan konsep Digital Marketing Cloud, atau yang biasa disebut dengan Marketing 5.0, perusahaan diharap untuk lebih dapat mengerti dan mengenal pelanggannya, sehingga dapat lebih efisien dalam berkomunikasi dan dalam mengembangkan produk dan layanan yang akan ditawarkan ke pasar.
Lantas, apa saja komponen yang termasuk di dalam Digital Marketing Cloud? Berikut 4 komponen yang dapat ditemukan di dalam Digital Marketing Cloud

1. Multi-Channel Marketing Automation
Multi-Channel Marketing Automation berbicara mengenai sebuah program yang dapat melakukan update, scheduling, hingga memberikan respond terhadap konten-konten yang ada di halaman social media milik klien. Mengapa disebut muti-channel? Karena program ini tidak hanya berbicara mengenai satu social media platform saja, tapi beberapa social media platform yang dapat diakses dan di atur dari satu program portal.

2. Content management tools
Ada istilah yang mengatakan di dunia digital, “content is king”, yang berarti isi dari posting-an yang dilakukan melalui halaman social media dan media digital lainnya sangat lah penting. Maka dari itu diperlukan perhatian khusus untuk mengatur konten-konten tersebut.

3. Social Media Tools
Social media tools digunakan sebagai salah satu media komunikasi antara perusahaan dan pelanggannya. Halaman social media menjadi sangat penting untuk kebanyakan bidang usaha saat ini karena melalui social media, perusahaan dapat mengetahui lebih banyak mengenai pelanggannya beserta respond dan masukan yang diberikan oleh para pelanggan terhadap produk dan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut.

4. Analytics Platform
Analytics platform ini berfungsi untuk menganalisa bagaimana tingkat keberhasilan marketing Anda dan juga untuk menganalisa profil dan kebiasaan-kebiasaan dari pelanggan Anda. Sehingga Anda bisa mengevaluasi segala macam bentuk kegagalan/keberhasilan dalam pemasaran produk yang Anda tawarkan.

Seiring berkembangnya konsep dari marketing, semakin terlihat bahwa teknologi sudah menjadi bagian penting dari perkembangan konsep-konsep marketing tersebut. Saat sebuah brand yang awalnya hanya dipasarkan secara lokal, bisa dipasarkan lebih luas hingga luar negeri dan di beberapa platform yang berbeda secara bersamaan. Sudah banyak pelaku bisnis yang berhasil membawa brandnya ke ranah internasional berkat Internet dan Social Media.
Jadi, masihkah Ada keraguan untuk Anda mulai serius dalam memasarkan prdouk Anda secara digital? Strategi marketing apa yang menurut Anda cocok untuk jenis usaha Anda? Jika iya, maka bersiaplah Anda kalah bersaing dengan produk-produk lainnya dari Kompetitor Anda. (Ulum/Bayu/wwrk)

Blog Wowrack Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack