[Infografis] Corporate Emails: Seberapa Penting Bagi Perusahaan Anda?

Img: Neosite

Surabaya (Wowrack) – Sejak embrio email atau elektronik mail muncul sekitar tahun 1965, keberadaannya tak tergusur zaman. Walau terlihat sepele dan feature kurang attractive bila dibandingkan dengan socmeds yang ada saat ini, Email memiliki peran vital dalam dunia informasi dan juga dunia corporate. Tak heran, email juga bisa memberikan keuntungan yang tak sedikit.

Email is First thing fisrt.
Let say.. bila wowfreinds ingin login atau sign up sebuah akun socmed, sudah pasti wowfreinds harus memiliki akun email bukan? Andaikata tak memiliki, mana bisa wowfreinds masuk atau membuat akun tersebut. So. mau tak mau ya harus buat email. Toh pada akhirnya belum tentu rutin dibuka. Dari illustrasi ini, boleh dikata email merupakan pondasi utama dalam membangun rumah atau gedung virtual alias first thing first in virtual world. 

Safer Storage Data Centre
Bagi orang awam, email itu tak lebih sebagai sarana surat menyurat yang tak terkadang tak setiap hari dibuka. Sehingga tak jarang dipandang remeh. Ya, sebuah pemikiran logis, apalagi email dikenal dengan fitur yang “biasa-biasa saja” dan jauh dari kesan attractive. Namun,  bagi yang mau mikir sedikit, banyak keuntungan yang bisa didapatkan.

Salah satunya yakni safer storage your data space for. Asalkan pemilik email tak men-delete email inbox, draft, atau outbox-nya, email-email tersebut bisa dibuka kapanpun juga dan dimana saja. Bahkan ada yang “mengakali”  dengan menyimpan data-data pekerjaan penting mereka yang dalam bentuk dokumen di emall draft. Hal ini semata-mata demi menghindari data loss dan sekaligus bisa dibuka everywhere dan anywhere. Logis bukan?

Apalagi, server-server email dunia saat ini bersaing memberikan space capacity yang cukup besar untuk menyimpan data.  Sejak Hotmail menyediakan space sebesar 2mb pada 1996, kini pemilik email bisa mendapatkan sekitar 7Gigabyte free space dari gmail sejak 2011 silam. Bila pemilik dirasa kurang bisa minta jatah lebih besar hingga 16Terabyte. Tentunya untuk opsi ini tak gratis. Melihat ini sayangkan bila tak dioptimalisasikan?

Email Email and Email Everyday

Infographics All About Email
All About Email

Bagi kalangan pebisnis, peran email tak tergantikan. Mengapa? Tendensi netizen saat ini, 83% responden atau netizen secara global mengaku hal pertama yang dilakukan yakni check email saat go online. Angka yang cukup besar bukan? Bahkan 72% responden mengaku check email lebih dari 5 kali sehari. Berbanding lurus, saat era digital ini, 74% customer commercial mengaku lebih suka menggunakan email dalam berkomunikasi bussiness. Uniknya, COO Facebook, Sheryl Sandberg mengaku dirinya “wajib” meluangkan waktu checking email saat pertama kali bekerja dan sebelum tidur. Well, netizen? Sudah jelas bukan pentingnya arti email?

Secara global saat ini rata-rata bussiness user mendapatkan 25 email tiap hari. Sedangkan diseluruh dunia hampir terdapat 730 juta corporate account. Nah tentunya akan merepotkan bukan kalau tiap hari waktu termakan hanya dengan balas-balas email dengan konten yang macam-macam pula? Untuk itu solusi technologi saat ini ya corporate email atau email khusus bagi pebisnis atau perusahaan.

Apa itu corporate email? Anda tentunya sering membalas atau mengirim email ke email yang tak memakai lagi nama yahoo.com.  atau gmail.com tapi langsung ke contoh emily@wowrack.com. Nah email yang demikian inilah yang dikatakan corporate email. Dengan kata lain, nama perusahaan andalah yang tercantum.  Secara tak langsung hal ini semakin membuat image corporate anda lebih bonafid, convincing dan profesional. Bonafid and convincing lantaran anda menggunakan technologi yang lebih maju daripada corporate-corporate lainnya yang hanya menggunakan email milik server bersama dan free seperti yahoo, gmail atau yang lainnya serta imej brand corporate anda semakin terpercaya dimata netizen. Sedangkan profesional lantaran banyak kelebihan tanpa anda sadari akan dapatkan dari applikasi corporate ini. Apa saja?

Minimalize Data Loss

Data Loss
Data Loss



Salah satu alasan yakni masalah sekuritas dan minimalisasi resiko data loss. Sesuai dengan hasil survey, data loss paling tinggi disebabkan oleh kondisi internal server mulai dari hardware failure (40%), software corruption (13%) dan hardware destruction (3%). Belum lagi ancaman virus dan pencurian data yang masing-masing sebesar 6% dan 9%. Salah satu faktor penyebab data loss yakni human error sebesar 29%. Dari data loss ini, publik di AS sendiri mengaku kehilangan 18,2 Millar dollar per tahun. Bukan angka yang sedikit bukan? Melihat hal ini, salah satu yang perlu dipertimbangkan para bussiness corporate yakni menggandeng pihak ketiga dalam menyediakan layanan server email demi meminimalisasi data loss.

More personalized and Organized Mailing List


Email Choose

Dalam satu perusahaan sudah pasti terdiri dari berbagai divisi-devisi. Ada yang HRD, customer service and complains atau hanya yang sekedar tanya info. Bisa dibayangkan betapa menyita waktu anda bila harus membuka satu-satu bukan? So, dengan email berdomain perusahaan anda secara tak langsung anda bisa personalized, dan organized secara langsung. Contoh hrd@wowrack.com info@wowrack.com, service@wowrack.co.id, dan juga lebih personal, emily@wowrack.com  Tentunya, dengan system ini, anda lebih effective, fasterforwarding dan cost less.

Storage Space Saver
Bagi perusahaan pemilik domain email, bisa setting besaran kapasitas email per divisi. Sehingga bisa di arrange mana yang menjadi prioritas dengan melihat frekwensi maling serta besaran konten data. Dengan ini, tentunya anda tak akan menyia-yiakan storage space yang tersedia bagi anda. Absolutely wasted nothing!

Special Service Available
Email berdomain atau corporate email sudah tentu beda dengan free email.  Email berdomain memberikan layanan extra yang lebih various. Sebut saja feature email yang lebih multiple, mulai dari monitoring, mail grouping, bahkan bisa saja ada layanan shared contact, calendar and task dengan backup dan recovery dari delete trash mail. Tak hanya itu, ada pula layanan white-label hosting yang memungkan memasang logi corporate pada email account.

Wah ribet donk? Well netizen, tak perlu bingung, cukup call your trusted third party dan minta dibuatkan plus layanan maintainane sekalian. Kabar baik, untuk tahu lebih detail tentang corporate email, Wowfreinds bisa datang langsung pada Wowrack Technical Event yang akan digelar pada awal Maret 2015. Akhir sharing, So.. kenapa harus pusing-pusing menata ini semua bila anda pihak lain yang lebih handal dan terpercaya handle this matter?

See you soon at Wowrack Technical Event 2015.  (Josh/wwrk)

Blog Wowrack Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack