4 Top Tips Untuk Menjaga Website Lebih Aman

Img: Corbis

Surabaya (Wowrack) – Semua pemilik website pasti tidak akan pernah menginginkan websitenya diretas/hack. Bagi pemilik website, pasti pernah berpikir atau bertanya-tanya apakah website saya ini sudah aman? Tentu perasaan seperti itu akan terus ada dalam pikiran startup dan tentu mereka semua berharap websitenya tidak pernah terkena retas.

Data yang dilansir oleh Symantec, pada tahun 2014 lalu 3 dari 5 situs startup dan situs usaha kecil menengah berhasil diretas. Pemilik usaha kecil dan menengah mungkin awalnya belum bisa membayar seorang hacker untuk menjaga keamanan websitenya, namun beberapa diantara melakukan beberapa cara agar website mereka lebih aman. Baru-baru ini ada malware yang disebut dengan “Ransomware” dimana, malware ini mengenkripsi file yang ada didalam komputer, kemudian peretas akan meminta uang tebusan agar file-file yang di enkrip tersebut bisa dibuka lagi.

Dengan kondisi dunia maya yang saat ini semakin ramai, baik pengguna baik maupun peretas, apa yang akan Anda lakukan agar website Anda aman? Berikut ada beberapa tips yang dapat membantu Anda mencegah website terkena retas dengan mudah.

1. Melatih karyawan agar bisa melawan Cyber Crime
Cara ini bukan untuk mengajari karyawan Anda untuk meretas ulang dengan tujuan merebut website yang sudah dihack. Bagaimana cara Anda mengajari apabila Anda juga belum paham betul dengan security website.

Melatih disini adalah untuk mencegah hilangnya data-data penting yang ada pada website maupun pada komputer.  Contohnya adalah, Anda bisa melatih karyawan Anda untuk memfilter file yang akan dikirimkan melalui internet. Diantaranya adlah pengiriman file melalui public email, public cloud dan lain sebagainya.

Menurut jayne Friedland Hollan, Chief Security Officer dari NIC Inc mengatakan bahwa sangat penting untuk mendidik karyawan agar mengerti betapa pentingnya data pelanggan maupun data perusahaan.

2. Jangan menyimpan data pelanggan
Banyak sekali data pelanggan yang tersimpan dalam website Anda seperti nomor kartu kredit, nomor rekening, nomor hp dll. Simpan dengan baik data pelanggan Anda. Saat ini banyak perusahaan yang menjual data pelanggan, sehingga tingkat kejahatan semakin meningkat.

3. Buat password akun yang lebih rumit.
Password ibarat kunci rumah, buatlah kriteria password yang sulit dengan minimal 8-9 karakter. Buat password kombinasi Angka, huruf, simbol. Uppercase,. Dengan kombinasi seperti ini akan membuat keamanan akun akan lebih baik.

4. Pastikan Hosting Dilengkapi Firewall
Firewall membantu website lebih aman karena Firewall berfungsi untuk mencegah pengolahan data yang melewati jaringan. Firewall membantu mengatur, memfilter dan mengontrol lalu lintas data yang di ijinkan untuk mengakses jaringan. Firewall dapat berupa perangkat keras maupun perangkat lunak. Keduanya bisa bekerja bersamaan dan tentu akan memberikan perlindungan yang lebih optimal. Oleh karena itu, pastikan penyedia hosting Anda juga menyediakan firewall untuk server Anda agar keamanan pada website Anda terjaga.

Wowrack dapat membantu Anda untuk memanage firewall untuk website Anda dan proteksi website Anda dari ancaman DDoS yang dapat mempengaruhi website Anda. Ingin mengetahui lebih lanjut tentang Server Security dan Firewall Wowrack? Silakan hubungi kami melalui tautan ini.(Ulum/wwrk)

Blog Wowrack Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

See More

Latest Article

Optimalkan kinerja bisnis sesuai kebutuhan Anda dengan layanan fleksibel Wowrack