Tuesday, July 6, 2021

Manfaat Cloud Computing Selama WFH PPKM


Manfaat Cloud Computing Selama WFH PPKM

Serangan gelombang ke dua covid-19 di Indonesia tidak bisa dihindari. Munculnya varian baru dari virus covid-19 yaitu varian delta meningkatkan angka penularan bahkan kematian. Hasilnya, pemerintah mengambil tindakan dengan menerapkan PPKM.

PPKM sendiri kepanjangan dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat, suatu sistem untuk membatasi interaksi sosial masyarakat dalam upaya menurunkan angka penularan covid-19. PPKM ini berdampak cukup besar bagi para pengusaha.

Pasalnya, pemerintah mengharuskan perusahaan untuk menerapkan WFH 75 persen. Namun, WFH atau remote working memiliki banyak tantangan baik bagi pekerja maupun pemilik usaha.

Tantangan Work From Home Selama PPKM

Bagi yang sebelumnya sudah pernah menjalani WFH, pasti mengerti betul tantangan yang mungkin Anda hadapi. Dan untuk yang baru saja melaksanakan WFH, mungking Anda perlu mengetahui informasi berikut ini mengenai tantangan WFH

Koneksi Jaringan yang Buruk

Hal utama yang dibutuhkan pada saat WFH selain laptop maupun HP adalah koneksi internet. Mulai dari kegiatan komunikasi hingga bertukar data dilakukan secara online. Oleh karenanya koneksi internet adalah hal wajib ada dan lancar.

Namun, tidak semua orang memiliki jaringan internet yang baik. Kendala seperti terputusnya koneksi saat meeting, atau hilangnya koneksi saat download dan upload data sangat sering terjadi karena koneksi yang buruk. Untuk itu, pastikan Anda memilih internet provider dengan jaringan internet yang lancar.

Tantangan Berkolaborasi

Kolaborasi merupakan hal inti pada dunia kerja. Setiap pekerja saling berhubungan satu sama lain untuk menjalankan sebuah perusahaan. Misalnya saja seorang content creator harus dengan lancar berkomunikasi dengan Desainer, Management, dan bagian lainnya dalam sebuah perusahaan.

Kegiatan yang kolaborasi diantaranya seperti bertukar, berbagi, dan menyimpan data serta komunikasi. Sebuah perusahaan haruslah memiliki platform khusus bagi pekerjanya untuk melakukan setiap kegiatan tersebut. Platform tersebut bisa berupa aplikasi yang dapat memenuhi setiap kebutuhan dalam berkolaborasi tiap divisi.

Tantangan Keamanan Data

Dalam kepanikan pandemi sendiri, data menjadi sangat rentan menjadi incaran penjahat cyber, dan WFH mempermudah sebuah data terancam cyber-threat. Bagaimana bisa? Seperti yang telah dijelaskan bahwa semua aktivitas dilakukan secara online. Jika suatu perusahaan tidak benar-benar mempersiapkan keamanan data maka data dapat dengan mudah hilang, rusak, atau dicuri.

Anda memerlukan sebuah platform yang memiliki sistem keamanan yang dapat menghindarkan perusahaan kehilangan data. Seperti yang kita ketahui, kehilangan data dapat berakibat fatal. Kerugian yang harus ditanggung perusahaan seperti hilangnya kredibilitas, sampai harus membayar atau menebus data dengan uang yang tidak sedikit.

Manfaat Cloud Computing

Cloud computing bukanlah hal baru di dunia teknologi dan sudah banyak perusahaan yang telah memanfaatkan teknologi cloud ini. Pengguna cloud di Indonesia sendiri mengalami peningkatan sebesar 50% selama tren WFH terjadi. Yang artinya, cloud computing dirasa menjadi solusi paling tepat untuk sistem WFH.

Cloud computing sendiri merupakan sebuah teknologi komputasi virtual yang beroperasi dengan menggunakan jaringan internet. Cloud computing bekerja seperti halnya komputasi yang memiliki fisik, yaitu membantu mengolah data, dan menjalankan suatu aplikasi.

Itu sebabnya cloud computing menjadi teknologi yang paling diminati pemilik usaha selama terjadinya pandemi dan diterapkannya WFH. Secara spesifik, berikut adalah manfaat cloud computing yang bisa memerudah sistem WFH

Memperlancar Kolaborasi

Cloud computing memungkinkan penggunanya mengakses sebuah aplikasi tanpa perlu menginstallnya pada perangkat pengguna. Sebuah data dapat diolah dan disimpan di dalam cloud storage atau penyimpanan cloud, dan kembali diolah pada hari-hari berikutnya.

Selain itu, cloud computing juga mengijinkan dua atau lebih penggunanya untuk mengakses aplikasi yang sama dalam satu waktu dan melakukan pengolahan data bersama-sama di waktu yang sama. Hal ini tentunya sangat memudahkan pengguna untuk berkolaborasi seperti bertukar pikiran secara langsung, bertukar data, hingga selalu mendapatkan data terupdate.

Menjaga Keamanan Data

Cloud computing provider biasanya telah memikirkan dan menjadikan isu keamanan menjadi salah satu prioritas utama. Mengapa demikian? Sebagai perusahaan yang terdiri dari expertise cloud, mereka memahami betapa critical permasalahan keamanan cloud ini.

Sebuah cloud minimal pasti memiliki security tools pada infrastrukturnya seperti, end-to-end protection, firewall, SSD, enkripsi, dan lainnya. Dengan begitu Anda tidak perlu takut untuk mengalami serangan cyber yang dapat membahayakan keamanan data Anda.

Memberikan Skalabilitas dan Fleksibilitas yang Tinggi

Cloud computing mengijinkan penggunanya untuk dengan bebas menambah kapasitas cloud sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Anda dapat menambah kapasitas storage maupun Vcpu kapan pun Anda butuh.

Hal ini sangat bermanfaat bagi perusahaan startup maupun enterprise yang memiliki perubahan data yang dinamis. Anda dapat dengan mudah menambah kapasitas cloud tanpa perlu membeli perangkat keras yang membutuhkan tempat dan perawatan lebih. Bayangkan saja, jika perusahaan Anda terus berkembang beserta kapasitas data yang harus diolah dan disimpan, berapa banyak perangkat keras yang harus Anda miliki?

Memaksimalkan Kinerja dan Daya Saing

Dengan dimudahkannya proses berkolaborasi, maka secara otomatis akan meningkatkan kinerja pekerja pada perusahaan pengguna cloud. Pekerjaan akan terselesaikan lebih cepat dan dikarenakan sistem pengolahan data yang efisien.

Dan jika pekerjaan terselesaikan dengan cepat dan lancar tanpa ada kendala atau masalah, maka perusahaan memiliki potensi tinggi untuk bersaing dengan competitor. Selain itu, dengan infrastruktur dan sistem kerja yang teratur dapat meningkatkan kepercayaan customers pada perusahaan Anda.

Lengkap dengan Solusi Backup

Cloud computing juga menyediakan solusi backup yang tidak kalah pentingnya dengan sistem keamanan cyber. Pasalnya backup sendiri juga merupakan salah satu upaya untuk mengamankan data perusahaan agar tidak hilang.

Pengguna cloud akan menggandakan data yang ingin di backup menjadi dua atau lebih. Untuk lebih amannya, disarankan untuk membuat 3 salinan data yang nantinya 2 salinan disimpan di dua tempat yang berbeda sebagai backup dan satu lagi menjadi data yang aktif diolah sehari-hari. Backup sangat perlu dilakukan agar jika sesuatu terjadi pada data inti, maka perusahaan tidak perlu mengalami kerugian akibat hilangnya data.

Cloud computing bisa dibangun secara individu atau oleh resource yang dimiliki suatu perusahaan sendiri, atau dengan memakai jasa cloud provider seperti Wowrack Indonesia dan Cloud Raya. Dengan menggunakan jasa cloud provider, bahkan Anda yang tidak memiliki ilmu mengenai teknologi dan cloud dapat dengan mudah mempunyai infrastruktur cloud yang sesuai tujuan perusahaan. Karena mulai dari mendesain infrastruktur, pemeliharaan, dan lainnya akan dibantu oleh pihak cloud provider.

Jika Anda tertarik untuk mulai menggunakan cloud atau ingin memigrasikan cloud Anda, segera konsultasikan kebutuhan perusahaan Anda pada kami melalui sales@wowrack.co.id


0 komentar: